Mata Kuliah Metode Numerik (Numerical Method) (2 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :

Matakuliah ini memberikan bekal mahasiswa wawasan, pengetahuan, dan keterampilan menyelesaikan masalah terkait metode numerik. Cakupan materi meliputi konsep kesalahan (error), persamaan non linear, teori interpolasi, difernsiasi numerik, integrasi numerik, persamaan linear simultan, dan interpolasi. Perkuliahan diawali dengan paparan konsep dan prinsip, penugasan dan diskusi dengan mahasiswa, serta presentasi.

Capaian Mata Kuliah :

1) Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk mengaji konsep-konsep metode numerik.

2) Memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam memahami konsep kesalahan (error), persamaan non linear, teori interpolasi, difernsiasi numerik, integrasi numerik, persamaan linear simultan, dan interpolasi.

3) Mengambil keputusan strategis untuk menyelesaikan tugas pemecahan masalah terkait dengan pemecahan masalah analaisis numerik yang efektif.

4) Bertanggung jawab dan berkarakter iman, cerdas, mandiri, jujur, peduli, dan tangguh dalam penyelesaian tugas metode numerik.

Sumber Rujukan :

[[1] Buchanan, James I., Numerical Methods and Analysis, McGraw-Hill International Editions, 1992

[[2] Chapra, Steven C dan Canale, Raymond P, Numerical Methods for Engineers with Personal Computer Applications, MacGraw-Hill Book Company, 1991

[3] Conte, Samuel D dan De Boor, Carl, Elementary Numerical Analysis, An Algorithmic Approach, 3rd Edition, MacGraw-Hills, Inc, 1992.

[4] Dulimarta, Hansye S., Diktat Kuliah Pengolahan Citra Digital, Teknik Informatika ITB, 1996

[5] Gerald, Curtis F dan Wheatley, Pattrick O, Applied Numerical Analysis, 3rd Edition, Addison-Wesley Publishing Company, 1985

6] Kreyszic, Erwin, Advanced Engineering Mathematics, John Wiley and Sons, 1988

[7] Mathews, Johh. H, Numerical Methods for Mathematics, Science and Engineering, 2nd Edition, Prentice-Hall International, 1993

8] Mano, M. Moris, Computer System Architecture 2nd, Prentice-Hall International, 1982


© 2024. Develop BY PPTIx UNESA TEAM