Mata Kuliah Metodologi Penelitian Kuantitatif Pendidikan Matematika (3 SKS)
Deskripsi Mata Kuliah :
Pengkajian konsep penelitian kuantitatif, mencakup berbagai jenis penelitian, desain penelitian kuantitatif, variabel dan definisi operasional variabel, konsep mendalam mengenai populasi dan sampling,instrumentasi beserta kalibrasinya, aplikasi analisis path & LISREL, analisis diskriminan, analisis Canonical, dan Manova, serta analisis faktor, dan perluasan dengan memadukan penelitian kualitatif. Perkuliahan diawali dengan paparan konsep dan prinsip, penugasan dan diskusi dengan mahasiswa, serta presentasi dengan pemanfaatan TIK dengan sistem penilaian meliputi penugasan (30%), partisipasi (20%), penilaian tengah semester (20%) dan penilaian akhir semester (30%).
Capaian Mata Kuliah :
- Membuat pembandingan paradigma penelitian kuantitatif dan kualitatif sesuai sikap ilmiah dan kritis; (CPL-3, CPL-7)
- Menganalisis suatu pendekatan penelitian kuantitatif dengan menggunakan argumen yang efektif dan komunikatif untuk merancang penelitian pendidikan matematika; (CPL-7,CPL-9)
- Menerapkan konsep penelitian kuantitatif untuk menemukan suatu ide penelitian yang baru dalam pendidikan matematika; (CPL-2,CPL-7)
Sumber Rujukan :
- Bowerman, B.L., & OConnell, R.T. (1994). Linear statistical models: An applied approach. Kentucky: PWS
- Bozdogan, H., & Gupta, A.K. (1987). Multivariate statistical modeling and data analysis. Springer.
- Chapman, D. G. (1970.)Elementary probability models and statistical inference. John Wiley & Sons Inc.
- Cherkassky, V., & Mulier, F. M. (2007). Learning from data: concepts, theory, and methods. Wiley-Blackwell.
- Draper, N. R., & Smit, H. (2011). Applied regression analysis. Wiley India Pvt Ltd.
- Hicks, C. R., & Turner Jr, K. V. (1999). Fundamental concepts in the design of experiments. Oxford: University Press
© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM