Mata Kuliah Metodologi Penelitian Pendidikan Matematika (Methods OF Research IN Mathematics Education) (3 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :

Mata kuliah ini membekali mahasiswa kompetensi dan keterampilan dalam metodologi penelitian pendidikan Matematika dan penyusunan draf proposal penelitian. Cakupan materi tentang filosofi berbagai pendekatan penelitian, metode penelitian kuantitatif dan kualitatif, penelitian eksperimen dan non eksperimen dengan medan penelitian pada pendidikan matematika tingkat sekolah maupun jenjang pendidikan guru matematika. Perkuliahan dilakukan dengan melibatkan keaktifan mahasiswa melalui presentasi tugas dan diskusi mendalam pokok-pokok materi, serta diskusi dan refleksi merumuskan ide penelitian yang didasarkan pada jurnal-jurnal internasional bereputasi, termasuk analisis secara kuantitatif maupun kualitatif, dan pembuatan proposal penelitian yang dapat ditujukan sebagai tugas akhir.

Capaian Mata Kuliah :

1) Memanfaatkan sumber belajar dan TIK untuk mendukung pemerolehan informasi tentang tema-tema penelitian terkini dan jurnal-jurnal internasional yang mendukung dalam pengembangan fokus penelitian.

2) Menguasai dan memahami konsep metodologi penelitian yang meliputi filosofi pendekatan penelitian, metode-metode penelitian eksperimental dan non-eksperimental, penelitian tindakan kelas, dan penelitian pengembangan, serta memiliki keterampilan mengembangkan ide penelitian berbasis jurnal-jurnal internasional dan isu-isu pendidikan matematika di jenjang sekolah maupun jenjang pendidikan guru matematika, menganalisis data secara kuantitatif maupun kualitatif, serta menghasilkan proposal penelitian yang diarahkan pada tugas akhir.

3) Membuat keputusan dan berkomitmen dalam menyelesaikantugas penulisan proposal penelitian.

4) Bertanggung jawab dan berkarakter iman, cerdas, mandiri, jujur, peduli, dan tangguh dalam penyelesaian tugas untuk mengembangkan proposal penelitian berbasis jurnal internasional dan sesuai isu-isu pendidikan matematika di Indonesia.

Sumber Rujukan :
  1. Dick, W., Carey, L., & Carey, J. O. 2014. The systematic design of instruction . New York: Prentice Hall College Div.
  2. English, L. D. (ed.). 2002. Handbook of international research in mathematics education. London : Rouledge.
  3. Merriam, S. B. 2007. Qualitative research and case study application in education. San Fransisco: Jossey Bass Publisher.[
  4. Moleong, L. J. 2004. Metodologi penelitian kualitatif . Bandung: Remaja Rosdakarya
  5. Siswono, Tatag Y.E. 2019. Paradigma Penelitian Pendidikan: Pengembangan Teori dan Aplikasi Pendidikan Matematika . Bandung: Rosdakarya

© 2024. Develop BY PPTIx UNESA TEAM