Mata Kuliah Pembelajaran Berbasis Stem (Sciences, Technology, Engineering, AND Mathematics) (2 SKS)
Deskripsi Mata Kuliah :
Pengkajian konsep dan aplikasi pembelajaran berbasis STEM, serta integrasi sains, teknologi, rekayasa, dan matematika dalam pendidikan matematika, pembelajaran dan evaluasi berbasis STEM, dan pengembangan profesionalisme pendidik berbasis STEM. Perkuliahan diawali dengan paparan konsep STEM dan perkembangan terkini dalam dunia pendidikan khususnya Pendidikan Matematika, diskusi dan telaah literature primer mutakhir untuk mencari state of the art STEM di Pendidikan Matematika, implementasi/ riset dalam scope kecil yang mengimplementasikan TIK dalam Pendidikan Matematika. Sistem penilaian meliputi penugasan (30%), partisipasi berupa keaktivan dalam forum diskusi (20%), penilaian tengah semester (20%) dan Proyek akhir perkuliahan (30%)
Capaian Mata Kuliah :
- Mendeskripsikan konsep dan aplikasi pembelajaran berbasis STEM sesuai sikap ilmiah dan kritis; (CPL-4, CPL-5)
- Menganalisis konsep-konsep dan aplikasi pembelajaran berbasis STEM dengan argumen yang efektif dan komunikatif; (CPL-4, CPL-5)
- Menerapkan konsep konsep dan aplikasi pembelajaran berbasis STEM untuk menyelesaikan pendidikan matematika (CPL-4, CPL-5)
Sumber Rujukan :
- Shahali, E. H. M., Halim, L., Rasul, M. S., Osman, K., & Zulkifeli, M. A. (2016). STEM learning through engineering design: Impact on middle secondary students’ interest towards STEM.EURASIA Journal of Mathematics, ScienceCivil, M. (2016). STEM learning research through a funds of knowledge lens.Cultural Studies of Science Education,11, 41-59.
- Albano, G. (2012). Mathematics education: teaching and learning opportunities in blended learning. InTeaching mathematics online: Emergent technologies and methodologies(pp. 60-89). IGI Global.
- Sanders, M. E. (2012). Integrative STEM education as “best practice”. Griffith Institute for Educational Research, Queensland, Australia. Editors: Liu, D., Dede, C., Huang, R., Richards, J. (Eds.) (2017), Virtual, Augmented, and Mixed Realities in Education, Springer.
- Becker, K. H., & Park, K. (2011). Integrative approaches among science, technology, engineering, and mathematics (STEM) subjects on students’ learning: A meta-analysis.Journal of STEM education: Innovations and research,12(5).
- D’Angelo, C., Rutstein, D., Harris, C., Bernard, R., Borokhovski, E., & Haertel, G. (2014). Simulations for STEM learning: Systematic review and meta-analysis.Menlo Park: SRI International,5(23), 1-5.[
- Rau, M. A. (2017). Conditions for the effectiveness of multiple visual representations in enhancing STEM learning.Educational Psychology Review,29, 717-761.
© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM