Mata Kuliah Pembelajaran Digital Matematika (2 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :

Pengkajian konsep dan aplikasi pembelajaran digital matematika, serta sumber digital dalam Pendidikan Matematika, pemanfaatan teknologi, aspek kognitif, didaktis, dan epistemologis integrasi teknologi dalam pendidikan matematika, pengetahuan teknologi dan riset tentang TIK di bidang Pendidikan yang mutakhir, interelasi teknologi dan matematika, pembelajaran dan evaluasi berbasis teknologi, dan pengembangan profesionalisme pendidik berbasis teknologi. Perkuliahan diawali dengan paparan perkembangan terkini teknologi informasi dan komunikasi dalam dunia pendidikan khususnya Pendidikan Matematika, diskusi dan telaah literature primer mutakhir untuk mencari state of the art teknologi informasi dan komunikasi di Pendidikan Matematika, implementasi/ riset dalam scope kecil yang mengimplementasikan TIK dalam Pendidikan Matematika. Sistem penilaian meliputi penugasan (30%), partisipasi berupa keaktivan dalam forum diskusi (20%), penilaian tengah semester (20%) dan Proyek akhir perkuliahan (30%).

Capaian Mata Kuliah :
  1. Mendeskripsikan konsep dan aplikasi pembelajaran digital matematika sesuai sikap ilmiah dan kritis; (CPL-4, CPL-5)
  2. Menganalisis konsep-konsep dan aplikasi pembelajaran digital matematika dengan argumen yang efektif dan komunikatif; (CPL-4, CPL-5)
  3. Menerapkan konsep konsep dan aplikasi pembelajaran digital matematika untuk menyelesaikan pendidikan matematika (CPL-4, CPL-5)
Sumber Rujukan :
  1. Carol M. Huttar & Karlynn BrintzenhofeSzoc (2020) Virtual Reality and Computer Simulation in Social Work Education: A Systematic Review, Journal of Social Work Education, 56:1, 131-141, DOI: 10.1080/10437797.2019.1648221
  2. Rosa M., Pinheiro R.P. (2020) Cybereducation with Mathematics Teachers:Working with Virtual Reality in Mathematics Activities. In: Viggiani Bicudo M. (eds) Constitution and Production of Mathematics in the Cyberspace. Springer, Cham.
  3. Albano, G. (2012). Mathematics education: teaching and learning opportunities in blended learning. InTeaching mathematics online: Emergent technologies and methodologies(pp. 60-89). IGI Global.
  4. Bowers, J., Brandt, J., Stovall, K., & Vargas, M. (2009). Searching for the Most Amazing Thing over the Last 20 Years: A Review of" Research on Technology and the Teaching and Learning of Mathematics, Volume 1 and Volume 2"
  5. Calder, N., Larkin, K., & Sinclair, N. (Eds.). (2018).Using Mobile Technologies in the Teaching and Learning of Mathematics(Vol. 12). Springer.
  6. Dick, T. P., & Hollebrands, K. F. (2011).Focus in high school mathematics: Technology to support reasoning and sense making(pp. xi-xvii). Reston, VA: National Council of Teachers of Mathematics
  7. Gary B. S., Thomas J. C., Glenda A. G., & Randolph E. G. 2010.Teachers discovering computers: Integrating technology and digital media in the clasroom. Shelly Cashman Series
  8. Laborde, C., Kynigos, C., Hollebrands, K., & Strässer, R. (2006). Teaching and learning geometry with technology. InHandbook of research on the psychology of mathematics education(pp. 275-304). Brill Sense.
  9. Silas Formunyuy, VerkijikaLizetteDe Wet (2015), Using a brain-computer interface (BCI) in reducing math anxiety: Evidence from South Africa, Computers & Education, Elsevier.
  10. Sanders, M. E. (2012). Integrative STEM education as “best practice”. Griffith Institute for Educational Research, Queensland, Australia Editors: Liu, D., Dede, C., Huang, R., Richards, J. (Eds.) (2017), Virtual, Augmented, and Mixed Realities in Education, Springer.

© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM