Mata Kuliah Pembelajaran Matematika Berbasis Sosio-Ekologis (2 SKS)
Pengkajian konsep dan aplikasi pembelajaran matematika berbasis sosio-ekologis dalam pendidikan matematika, pembelajaran dan evaluasi berbasis sosio-ekologis, dan pengembangan penelitian pendidikan matematika berbasis sosio-ekologis. Perkuliahan diawali dengan paparan konsep pembelajaran matematika dan sosio-ekologis serta perkembangan terkini dalam dunia pendidikan khususnya Pendidikan Matematika, diskusi dan telaah literature primer mutakhir untuk mencari state of the art pembelajaran matematika dan sosio-ekologis, implementasi/ riset dalam scope kecil yang mengimplementasikan TIK dalam Pendidikan Matematika. Sistem penilaian meliputi penugasan (30%), partisipasi berupa keaktivan dalam forum diskusi (20%), penilaian tengah semester (20%) dan Proyek akhir perkuliahan (30%).
- Mendeskripsikan konsep dan aplikasi pembelajaran berbasis STEM sesuai sikap ilmiah dan kritis; (CPL-4, CPL-5)
- Menganalisis konsep-konsep dan aplikasi pembelajaran berbasis STEM dengan argumen yang efektif dan komunikatif; (CPL-4, CPL-5)
- Menerapkan konsep konsep dan aplikasi pembelajaran berbasis STEM untuk menyelesaikan pendidikan matematika (CPL-4, CPL-5)
[1]. Coles, A. (2022). Towards A Socio-Ecological Perspective Within Mathematics Education. Proceedings of the British Society for Research into Learning Mathematics, 42(3), 1-6.
[2]. Coles, A. (2023). Towards a socio-ecological practice of mathematics teacher education. Avances de Investigación en Educación Matemática, (23).
[3]. Coles, A. (2023, July). Teaching in the new climatic regime: Steps to a socio-ecology of mathematics education. In Proceedings of the 46th Conference of the International Group for the Psychology of Mathematics Education (Vol. 1, pp. 17-33). Haifa: PME.
[4]. Coles, A., Solares-Rojas, A., & le Roux, K. (2024). Socio-ecological gestures of mathematics education. Educational Studies in Mathematics, 1-19..
[5]. Louie, N., & Zhan, W. Y. (2022). A socio-ecological framework for research in mathematics education. Journal for Research in Mathematics Education, 53(5), 365-371.
[6]. Fong, C. J., García, A. J., & Kundu, D. (2023). A socio-ecological outcome investigation of the student engagement, achievement, and satisfaction of latino men in community college developmental mathematics. Community College Journal of Research and Practice, 47(2), 157-160.
[7]. Fong, C. J., García, A. J., & Kundu, D. (2023). A socio-ecological outcome investigation of the student engagement, achievement, and satisfaction of latino men in community college developmental mathematics. Community College Journal of Research and Practice, 47(2), 157-160.
[8]. Chekanushkina, E. N., Pirova, D. F., & Kolyvanova, L. A. (2020, December). Mathematical Modeling as a Method of Solving Socio-Ecological Problems. In Proceedings of the International Conference Digital Age: Traditions, Modernity and Innovations (ICDATMI 2020) (pp. 45-49). Atlantis Press.
[9]. Amico, A., Andrà, C., Chorney, S., Coles, A., Doria, L., Helliwell, T., ... & Solares, A. (2023, July). How socio-ecological issues are urging changes in curriculum (and beyond). In 46 th CONFERENCE (p. 71).
© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM