Mata Kuliah Pendidikan Matematika Realistik (Realistic Mathematics Education) (2 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :

Matakuliah ini memberi mahasiswa wawasan, pengetahuan, dan keterampilan dalam merancang pembelajaran berbasis pendidikan matematika realistik. Cakupan materi meliputi konsep matematika realistik, contoh-contoh pembelajaran realistik, kajian artikel jurnal mutakhir terkait PMR, dan perancangan pembelajaran berbasis PMR. Pembelajaran matakuliah ini disajikan melalui kegiatan studi literatur, pencarian artikel mutakhir tentang PMR melalui internet dan penugasan merancang pembelajaran berbasis PMR..

Capaian Mata Kuliah :

1) Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi sebagai sumber belajar dan alat bantu merancang pembelajaran berdasar pendidikan matematika realistic (PMR);

2) Memeroleh pengetahuan dan keterampilan dalam menerapkan pendidikan matematika realistik;

3) Mengambil keputusan strategis dalam tugas perancangan pembelajaran berbasis pendidikan matematika realistik;

4) Bertanggung jawab dan berkarakter iman, cerdas, mandiri, jujur, peduli, dan tangguh dalam penyelesaian tugas berupa rancangan pembelajaran berdasar pendidikan matematika realistik.

Sumber Rujukan :

[1]. Fauzan, A. (2002). Applying Realistic Mathematics Education (RME) in teaching geometry in Indonesian primary schools (p. 346). University Of Twente [Host].

[2]. Gravemeijer, K., & Doorman, M. (1999). Context problems in realistic mathematics education: A calculus course as an example. Educational studies in mathematics, 39(1-3), 111-129.

[3]. Van den Heuvel-Panhuizen, M. H. A. M. (1996). Assessment and realistic mathematics education (Vol. 19). Utrecht University.

[4]. Van Den Heuvel-Panhuizen, M. (2003). The didactical use of models in realistic mathematics education: An example from a longitudinal trajectory on percentage. Educational studies in Mathematics, 54(1), 9-35.

[5]. Van den Heuvel-Panhuizen, M., & Drijvers, P. (2014). Realistic mathematics education. Encyclopedia of mathematics education, 521-525.

[6]. Van den Heuvel-Panhuizen, M. (1998). Realistic Mathematics Education as work in progress. Theory into practice in Mathematics Education. Kristiansand, Norway: Faculty of Mathematics and Sciences.

[7]. Wubbels, T., Korthagen, F., & Broekman, H. (1997). Preparing teachers for realistic mathematics education. Educational Studies in Mathematics, 32(1), 1-28.

[8]. Zaranis, N., Kalogiannakis, M., & Papadakis, S. (2013). Using mobile devices for teaching realistic mathematics in kindergarten education. Creative Education, 4(7), 1-10.

.


© 2024. Develop BY PPTIx UNESA TEAM