Mata Kuliah Pengetahuan dan Praksis Pendidikan Guru dan Calon Guru (2 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :

Pengkajian pengetahuan dan praksis pendidikan guru dan calon guru yang meliputi konsep pengetahuan guru, pedagogical content knowledge, technological content knowledge, kompetensi literasi matematika, keyakinan, pedagogi dan didaktis pengetahuan guru dan calon guru, perancangan pembelajaran dan evaluasi di tingkat sekolah dan perguruan tinggi, dan pengembangan profesionalisme guru yang tingkat sekolah dan perguruan tinggi. Perkuliahan diawali dengan paparan konsep dan prinsip, penugasan dan diskusi dengan mahasiswa, serta presentasi dengan pemanfaatan TIKdengan sistem penilaian meliputi penugasan (30%), partisipasi (20%), penilaian tengah semester (20%) dan penilaian akhir semester (30%).

Capaian Mata Kuliah :
  1. Mendeskripsikan konsep pengetahuan dan praksis pendidikan guru dan calon guru sesuai sikap ilmiah dan kritis; (CPL-4, CPL-5)
  2. Menganalisis konsep-konsep pengetahuan dan praksis pendidikan guru dan calon guru dengan argumen yang efektif dan komunikatif; (CPL-4, CPL-5)
  3. Menerapkan konsep pengetahuan dan praksis pendidikan guru dan calon guru untuk menyelesaikan pendidikan matematika (CPL-4, CPL-5)
Sumber Rujukan :
  1. Dinkelman, T., Margolis, J., & Sikkenga, K. (2006). From teacher to teacher educator: Reframing knowledge in practice.Studying teacher education,2(2), 119-136.
  2. Cochran-Smith, M., & Lytle, S. L. (1999). Chapter 8: Relationships of knowledge and practice: Teacher learning in communities.Review of research in education,24(1), 249-305.
  3. Hoy, A. W., Davis, H., & Pape, S. J. (2006). Teacher knowledge and beliefs.
  4. Kaur, B., & Dindyal, J. (Eds.). (2010).Mathematical applications and modelling: Yearbook 2010. World Scientific.
  5. Mishra, P., & Koehler, M. J. (2006). Technological pedagogical content knowledge: A framework for teacher knowledge.Teachers college record,108(6), 1017-1054.
  6. Spruce, R., & Bol, L. (2015). Teacher beliefs, knowledge, and practice of self- regulated learning.Metacognition and Learning,10(2), 245-277
  7. hames, M. H., & Ball, D. L. (2010). What math knowledge does teaching require?.Teaching Children Mathematics,17(4), 220-229.
  8. Verloop, N., Van DrTiel, J., & Meijer, P. (2001). Teacher knowledge and the knowledge base of teaching.International journal of educational research,35(5), 441-461.

© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM