Mata Kuliah Praktik Riset Pendidikan Matematika (2 SKS)
Deskripsi Mata Kuliah :
Pengkajian model dan praktik analisis data penelitian yang mencakup pemilihan metode analisis awal sesuai tema penelitian yang dipilih mahasiswa, analisis tugas, penyusunan rubrik/indikator dan instrumen analisis data penelitian, pengambilan data contoh di lapangan, dan penulisan laporan analisis data awal. Perkuliahan diawali dengan paparan konsep dan prinsip, penugasan dan diskusi dengan mahasiswa, serta presentasi dengan pemanfaatan TIK dengan sistem penilaian meliputi penugasan (30%), partisipasi (20%), penilaian analisis artikel (20%) dan penilaian akhir artikel kerangka teoritik(30%).
Capaian Mata Kuliah :
- Melakukan analisis data hasil penelitian dengan etika akademik yang profesional; CPL-3,CPL-7)
- Menyusun hasil analisis data sesuai sikap ilmiah, kritis, dan kreatif; CPL-3,CPL-7)
- Merancang instrumen pengumpulan data yang efektif, argumentatif, dan komunikatif untuk menghasilkan hasil analisis yang kredibel; CPL-7,CPL-9)
- Menerapkan metode analisis data yang kredibel untuk merancang pemecahan masalah pendidikan matematika. CPL-2,CPL-7)
Sumber Rujukan :
- Clark, R. E., & Estes, F. (1996). Cognitive task analysis for training.International Journal of Educational Research,25(5), 403-417.
- Clarke, D. (2003). International comparative research in mathematics education. InSecond international handbook of mathematics education(pp. 143-184). Springer, Dordrecht.
- English, L. D., & Kirshner, D. (Eds.). (2015).Handbook of international research in mathematics education. Routledge.
- Gravemeijer, K. (1994). Educational development and developmental research in mathematics education.Journal for research in Mathematics Education, 443-471.
- Masingila, J. O. (1993). Learning from mathematics practice in out-of-school situations.For the learning of mathematics,13(2), 18-22. Schraagen, J. M., Chipman, S. F., & Shalin, V. L. (Eds.). (2000).Cognitive task analysis.
© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM