Mata Kuliah Problematika Pendidikan Matematika (Problematics OF Mathematics Education) (2 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :

Matakuliah ini memberi mahasiswa wawasan, pengetahuan dan keterampilan dalam membuat laporan berupa makalah yang kreatif dan reflektif mengenai masalah nyata yang terjadi di sekolah dan memberikan alternatif solusinya. Cakupan materi meliputi masalah pendidikan matematika dalam hal konten matematika, budaya belajar, serta peran guru dan siswa dalam pembelajaran, alternatif solusi masalah yang dapat diperbaiki pada praktik pembelajaran matematika yang dijumpai di Indonesia atau negara lain, baik melalui pengamatan atau kajian jurnal serta menyelesaikannya berdasarkan teori tertentu.. Mata kuliah ini disampaikan melalui pengamatan ke sekolah, pemaparan teori, presentasi, dan diskusi.

Capaian Mata Kuliah :
1) Memanfaatkan sekolah dan teknologi informasi dan komunikasi untuk mengaji masalah-masalah di sekolah terkait dengan konten matematika, budaya belajar, serta peran guru dan siswa dalam pembelajaran. 2) Memiliki pengetahuan tentang pembelajaran yang terjadi di sekolah dan pembelajaran yang seharusnya berdasar suatu teori pembelajaran dan artikel-artikel jurnal terkait problematika pendidikan matematika.3) Mengambil keputusan strategis berbasis data dan teori pembelajaran dalam menyelesaikan masalah yang telah dirumuskan dalam bentuk laporan atau makalah. 4) Bertanggung jawab dan berkarakter iman, cerdas, mandiri, jujur, peduli, dan tangguh dalam penyelesaian tugas yang terkait identifikasi masalah sekaligus solusi yang ditawarkan.
Sumber Rujukan :

[1] Kurikulum sekolah.

[2] Buku matematika sekolah, baik buku siswa maupun buku guru.

[3] Gredler, M. E. 2009.Learning and Instruction: Theory into Practice. New Jersey: Merill Pearson Education, Inc.

[4] Jurnal Pendidikan, terbitan baik luar negeri maupun dalam negeri


© 2024. Develop BY PPTIx UNESA TEAM