Mata Kuliah Psikologi Kognitif (3 SKS)
Deskripsi Mata Kuliah :
Pengkajian konsep-konsep Psikologi Kognitif yang mendukung aspek-aspek pendidikan matematika mencakup neurosains kognitif, atensi dan kesadaran, persepsi, model dan proses memori, representasi, organisasai dan manipulasi pengetahuan, Bahasa, kognisi dan metakognisi, serta Intelegensi manusia dan
kecerdasan buatan. Perkuliahan diawali dengan paparan konsep dan prinsip, penugasan dan diskusi dengan mahasiswa, serta presentasi dengan pemanfaatan TIKdengan sistem penilaian meliputi penugasan (30%), partisipasi (20%), penilaian tengah semester (20%) dan penilaian akhir semester (30%).
Capaian Mata Kuliah :
- Mendeskripsikan konsep-konsep psikologi kognitif dengan sikap ilmiah yang kritis dan kreatif; (CPL-3,CPL-5
- Menganalisis konsep-konsep psikologi kognitif dengan menyusun argumen yang efektif dan komunikatif untuk menghasilkan karya kreatif dan orisinal; (CPL-
- CPL-5) Menerapkan konsep psikologi kognitif untuk merancang pemecahan masalah pendidikan matematika. (CPL-4,CPL-5)
Sumber Rujukan :
- Nesher, P. & Kipatrick, J. (Eds). (1990).Mathematics and cognition. New York: Cambridge University Press.
- Schoenfeld, A. H. (1987).Cognitive science and mathematics education. Rouledge.
- Skemp, R. R. (2012).The psychology of learning mathematics. Rouledge.
- Solso, R. L., Maclin, O. H., & Maclin, M. K. (2008).Psikologi kognitif(terjemahan). Jakarta: Erlangga.
- Sternberg, Robert J. (2008).Psikologi Kognitif (terjemahan).Yogayakarta:Pustaka Pelajar
- Von Glasserfeld, E. (2003).Radical constructivism: a way of knowing and learning. New York: RouledgeFalmer. Von Glasserfeld, E. (Ed.) (2002).Radical constructivism in mathematics education. Dordrecht: Kluwer Academic Publishers
© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM