Mata Kuliah Teori Kognisi dan Perbedaan Individu Dalam Pendidikan Matematika (3 SKS)
Deskripsi Mata Kuliah :
Pengkajian teori kognisi dan perbedaan individu dalam pendidikan matematika mencakup pembentukan konsep menurut teori Piaget, abstraksi, teori pemrosesan informasi, teori APOS, teori Prosep, embodied cognition, semiotic, metakognisi, gaya kognitif, gaya belajar, adversity Quationt, gender, serta aspek-aspek lain yang berkaitan dengan tema atau fokus penelitian mahasiswa. Perkuliahan diawali dengan paparan konsep dan prinsip, penugasan dan diskusi dengan mahasiswa, serta presentasi dengan pemanfaatan TIKdengan sistem penilaian meliputi penugasan (30%), partisipasi (20%), penilaian tengah semester (20%) dan penilaian akhir semester (30%).
Capaian Mata Kuliah :
- Mendeskripsikan teori kognisi dan perbedaan individu dengan sikap ilmiah yang kritis dan kreatif; (CPL-3,CPL-5)
- Menganalisis konsep-konsep teori kognisi dan perbedaan individu dengan menyusun argumen yang efektif dan komunikatif untuk menghasilkan karya kreatif dan orisinal; (CPL-3,CPL-5)
- Menerapkan konsep teori kognisi dan perbedaan individu untuk merancang pemecahan masalah pendidikan matematika. (CPL-4,CPL-5)
Sumber Rujukan :
- Gutierrez, A & Boero, P. (Eds.) (2006).Handbook of research on psychology of mathematics education: Past, Present, and Future. Rotterdam: Sense Publishers.[
- Rivera, F. (2013).Teaching and learning patterns in school mathematics: psychological and pedagogical considerations. Dordrecht: Springer.
- Shapiro, L. (2019).Embodied cognition. New York: Routledge.
- Clark, J. M., & Paivio, A. (1991). Dual coding theory and education.Educational psychology review,3(3), 149-210.
- Arnon, I., Cottrill, J., Dubinsky, E., Oktaç, A., Roa Fuentes, S., Trigueros, M., & Weller, K. (2014). APOS theory.A framework for research and curriculum development in mathematics education, 5-15.
- Arnon, I., Cottrill, J., Dubinsky, E., Oktaç, A., Fuentes, S. R., Trigueros, M., & Weller, K. (2014). From Piaget’s Theory to APOS Theory: Reflective Abstraction in Learning Mathematics and the Historical Development of APOS Theory. InAPOS Theory(pp. 5-15). Springer, New York, NY.
- Harel, G., Selden, A., & Selden, J. O. H. N. (2006). Advanced mathematical thinking: Some PME perspectives. InHandbook of research on the psychology of mathematics education(pp. 147-172). Brill Sense.
- Presmeg, N., Radford, L., Roth, W. M., & Kadunz, G. (2016).Semiotics in mathematics education(p. 40). Springer Nature.
- Gullick, M. M., Sprute, L. A., & Temple, E. (2011). Individual differences in working memory, nonverbal IQ, and mathematics achievement and brain mechanisms associated with symbolic and nonsymbolic number processing.Learning and Individual Differences,21(6), 644-654.
© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM