Mata Kuliah Kebijakan Pembangunan Nasional (2 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :

Mengkaji konsep dasar dan teori kebijakan yang berkaitan dengan program pembangunan nasional dari karakteristik, dan prinsip-prinsip; Teori pembangunan yang mendasari, bentuk perencanaan; Model berkenaan dengan pendekatan, metode dan teknik-teknik yang digunakan, serta secara khusus yang berkaitan dengan kebijakan pembangunan bidang pendidikan.

Capaian Mata Kuliah :

1. Memanfaatkan sumber belajar berbantuan TIK dalam menggali informasi dan sumber pustaka.

2. Menguasai konsep dasar dan teori kebijakan dan implikasinya pada program pembangunan nasional.

3. Mampu membuat keputusan dengan menggunakan dasar-dasar pengambilan kebijakan

4. Mampu bertanggung jawab terhadap keputusan yang diambil dengan mendasarkan pada nilai keadilan dan transparansi.
Sumber Rujukan :
    1. Parson, Wayne . 2011. Pengantar Teori dan Praktik Analisis Kebijakan . Jakarta: Kencana.
    1. Hill, Michael. 2005. The Public Policy Process . England. Pearson Longman.
    1. Bryson, John M . 1991. Strategic Planning For Public and Non Provit Organizations: A Guide Line to Strengthening and Sustaining Organizational Achievemen t. San Fransisco : Jossey-Bass limited
    1. Burhan. 1984. Perencanaan Strategik . Jakarta: PPm
    1. Budiman, Arief . 1995. Model Pembangunan . Jakarta. LP3ES
    2. Kuncoro, Mudrajat . 2000. Ekonomi Pembangunan; Teori, Masalah, dan Kebijakan . UPP AMP YPKN.
    3. Ditjen PMD Depdagri. 2004. Pedoman Pembangunan Masyarakat Desa.
    4. Todaro, Michael P . 2000. Pembangunan Ekonomi di Dunia Ketiga, edisi Ketujuh . PT Gelora Aksara Pratama
    5. Tjokrowinoto, Mubyarto. 1995. Strategi Pembangunan . Yogyakarta: UGM. Press
    6. Usman, Sunyoto . 2006. Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat . Pustaka Pelajar.
    7. Dunn William N . 2003. Pengantar Analisis Kebijakan Publik , Jogjakarta. UGM University Press.
    8. Nugroho D Riant . 2003. Kebijakan Publik: Fomulasi. Implementasi, dan Evaluasi. Jakarta: Media Komputindo.

© 2024. Develop BY PPTIx UNESA TEAM