Mata Kuliah Keterampilan Mengajar dan Pembelajaran Mikro (3 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :
  • Pengertian dan Langkah-Langkah Tentang Observasi dan Pembelajaran
  • Mikro, Keterampilan Bertanya, Keterampilan Memberikan Penguatan, Keterampilan Melakukan Variasi, Keterampilan
  • Menjelaskan, Keterampilan Membuka dan Menutup, Keterampilan Membimbing Diskusi Kelompok Kecil, Keterampilan
  • Mengelola Kelas, Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil dan Perseorangan

Capaian Mata Kuliah :
  1. Mahasiswa memiliki keterampilan memimpin diskusi kecil
  2. Mahasiswa memahami Teori keterampilan dasar melakukan variasi dan keterampilan menjelaskan
  3. Mahasiswa memahami Teori keterampilan dasar membuka dan menutup serta keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil
  4. Mahasiswa memahami secara rinci Teori keterampilan dasar mengelola kelas dan keterampilan mengajar kelompok kecil dan perseorangan
  5. Mahasiswa Mendemonstrasikan keterampilan dasar bertanya
  6. Mahasiswa Mendemonstrasikan keterampilan dasar memberikan penguatan
  7. Mahasiswa Mendemonstrasikan keterampilan dasar menjelaskan
  8. Mahasiswa memahami penerapan aspek-aspek dalam proses pembelajaran
  9. Mahasiswa keterampilan dasar membimbing diskusi kelompok kecil
  10. Mahasiswa mampu mempraktekkan Rancangan Proses Pembelajaran
  11. Mahasiswa memahami penerapan aspek-aspek dalam proses pembelajaran
  12. Mahasiswa keterampilan dasar membimbing diskusi kelompok kecil
  13. Mahasiswa mampu mempraktekkan Rancangan Proses Pembelajaran
  14. Mahasiswa mampu menganalisis Rancangan Proses Pembelajaran
  15. Mahasiswa mampu menyusun Rancangan Proses Pembelajaran

Sumber Rujukan :
  1. Abimanyu. 1984. Keterampilan Membuka dan Menutup Pelajaran . Jakarta
  2. Hasibuan, JJ Ibrahim. 1988. Proses Belajar Mengajar Keterampilan Dasar Mikro . Bandung: Remaja Karya
  3. Dimyati, dkk. 1994. Belajar dan Pembelajaran . Jakarta: Dirjen Dikti.
  4. Wardani IGAK. 1985. Keterampilan Membimbing Kelompok Kecil . Jakarta: P2LPTK Ditjen Dikti
  5. Rafli Kosasi. 1985. Keterampilan Menjelaskan . Ditjen Dikti. Depdikbud
  6. Sugeng Pranoto dkk. 1980. Micro Teaching . Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
  7. Sanjaya, Wina. 2009. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup
  8. Suparman, Atwi. 2001. Desain Instruksional . Jakarta: Pusat Antar Universitas untuk Peningkatan.
  9. Usman, User. 2001. Menjadi Guru dalam Proses belajar Mengajar . Bandung: Rosdakarya
  10. Wijaya, Cece. 1991. Kemampuan Guru dalam Proses Belajar mengajar . Bandung: Rosdakarya

© 2024. Develop BY PPTIx UNESA TEAM