Mata Kuliah Kewirausahaan (2 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :

Pemahaman konsep wirausaha dalam menumbuhkembangkan jiwa kewirausahaan yaitu kemampuan memotivasi diri agar mampu mengindera peluang usaha menciptakan jasa produksi, pemasaran, kemitraan, manajemen, membangun ide kreatif dan inovatif, strategi mencapai keunggulan bersaing, merintis bisnis baru, memilih lokasi dan merencanakan fasilitas usaha, rencana bisnis dalam wirausaha termasuk praktik berwirausaha melalui analisis hasil pengamatan. Pembelajaran dilaksanakan dengan pendekatan kooperatif, diskusi kelompok, tugas, latihan, dan refleksi.

Capaian Mata Kuliah :
  1. Memanfaatkan sumber belajar dan media tentang kewirausahaan yang berbasis teknologi.
  2. Menguasai konsep kewirausahaan dan penggunaannya dalam pembelajaran PPKn yang berorientasi pada standar penilaian.
  3. Membuat keputusan untuk menyelesaikan permasalahan kewirausahaan dalam pembelajaran PPKn dengan menggunakan prinsip, standar, dan teknik penilaian yang tepat.
  4. Bertanggungjawab terhadap kinerja pembelajaran sendiri dan kesepakatan yang dilakukan dengan teman kelompok dalam pencapaian hasil pembelajaran kewirausahaan.
Sumber Rujukan :

[1] Alma, Buchari. Pemerintah Wirausaha Meningkatkan Layanan dan Kepuasan Konsumen . 2005. Penerbit Alfabe ta:Bandung.

[2] Anwar, Muhammad. Pengantar Kewirausahaan Teori dan Aplikasi . 2014. Penerbit :Kencana

[3] Basrowi. Kewirausahaan Untuk Perguruan Tinggi . 2011. Penerbit Ghalia Indonesia:Jakarta

[4] Casson, Mark. ENTREPRENEURSHIP Teori, Jejaring, Sejarah. 2012. Penerbit ;RajawaliPers Jakarta

[5] Daryanto. Pengantar Kewirausahaan Teori dan Aplikasi. 2012. Penerbit : Gramedia Jakarta. Suryana. Kewirausahaan Pedoman Praktis, Kiat dan Proses Menuju Sukses . 2003. Penerbit Salemba Empat: Jakarta

[6] Suryana Yuyus dan Kartib Bayu.2011. Kewirausahaan. Kencana Prenada Media Group.Jakarta

[7] Winardi J. 2008. Entrepreneur dan entrepreneurship . Kencana Prenada Media Group. Jakarta.

[8] Wijaya, Johanes Ariffin. Motivation for Success for an Entrepreneur Motivasi Terbaik untuk Entrepreneur. 2003. Penerbit PT Elex Media Komputindo:Jakarta

[9] Winarto, Paulus . First Step to be an Entrepreneur. Berani Mengambil Risiko untuk Menjadi Kaya. 2003. Penerbit PT Elex Media Komputindo:Jakarta

[10] Zimmerer, Scarborough. 2005. Pengantar Kewirausahaan dan Manajemen Bisnis Kecil . Edisi 4.PenerbitIndek.


© 2024. Develop BY PPTIx UNESA TEAM