Mata Kuliah Kurikulum Sekolah (2 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :

Deskripsi Mata Kuliah : Pembahasan tentang (1) Konsep dasar kurikulum;2)Fungsi Kurikulum, komponen Kurikulum; (3) Konsep dasar buku teks; Metode yang digunakan adalah ceramah, diskusi, presentasi, dan berbasis masalah.

Capaian Mata Kuliah :
  • Capaian Pembelajaran Mata Kuliah/Kompetensi:
  • 1. Memiliki kemampuan untuk memanfaatkan sumber belajar dan media pembelajaran berbasis TIK dalam rangka mencari dan mengelobarai berbagai konten yang berkaitan dengan kurikulum .
  • 2. Menguasai teori dan konsep pengembangan kurikulum secara umum dan Kurikulum PPKn di sekolah.
  • 3. Mengambil keputusan strategis yang berkaitan teori dan konsep pengembangan kurikulum untuk mengkaji kurikulum PPKn.
  • 4. Memiliki sikap bertanggung jawab dengan mengkaji kurikulum PPKn sesuai teori pengembangan kurikulum yang relevan
Sumber Rujukan :
Referensi:
  1. Reni Akbar Hawadi, dkk. 2001. Kurikulum Berdiferensiasi . Jakarta: Grasindo.Sutirjodan Sri IstutiMamik. 2005. Tematik: Pembelajaran Efektif dalam Kurikulum 2004 . Malang:Bayumedia Publishing.
  2. Dick, Walter and Lou Carey. 2005. The Systematic Design of Instructional (third edition) . USA: Harper Collins Publishers.
  3. Gafur, Abdul. 1982. Disain Instruksional. Suatu Langkah Sistematis Penyusunan Pola Dasar Kegiatan Belajar Mengajar . Solo: Tiga Serangkai.
  4. Ibrahim, Abd. Syukur, dkk. 1987. Telaah Kurikulum 1984: Sebuah Pengantar . Surabaya: Usaha Nasional
  5. Tarigan, Henry Guntur. 1989. Telaah Buku Teks .
  6. Kementerian Pedidikan dan Kebudayaan. 2018. Permendikbud No. 37 Tahun 2018. Jakarta: Kemendikbud.
  7. Idi, Abdulah. 2014. Pengembangan Kurikukum: Teori dan Praktik. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
  8. James Arthur, Ian Davies, Carole Hahn (Eds). 2008. Handbook of Education for Citizenship and Democracy. London: Sage Publication.
  9. Limon E. Kattington (Eds). 2010. Handbook of Curriculum Development. New York: Nova Science Publishers, Inc. 5
  10. Miller, John P. 1985. Curriculum, Perspectives and Practice. New York: Longman.
  11. Oemar Hamalik. 2013. Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum.Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  12. Robert White. 2014. Curriculum Development, Innovation and Reform. London: Nova Science Publishers, Inc.
  13. Nasution, S. 2014. Asas-Asas Kurikulum. Jakarta: Bumi Aksara.
  14. Terwel, J. Walker, D. 2008. Curriculum as a Shaping Force: Toward a Principled Approach in Curriculum Theory and Practice. New York: Nova Science Publishers, Inc.
  15. Walvoord, B. E. and Anderson, V. J. 2010. Effective Grading: A Tool for Learning and Assessment. 2nd. Wales: Jossey-Bass.
  16. William F. Pinar. 2014. International Handbook of Curriculum Research 2ed Edition. New York: Taylor & Francis.

© 2024. Develop BY PPTIx UNESA TEAM