Mata Kuliah Metode Penelitian Kuantitatif (2 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :

Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan melakukan kegiatan penelitian secara kuantitatif. Mata kuliah ini mengkaji paradigma, prinsip-prinsip, jenis, dan prosedur penelitian kuantitatif, yang mencakup pemilihan dan perumusan masalah, mencakup populasi dan sampel, variabel penelitian, teknik pengumpulan data, instrumen penelitian, dan teknik analisis data, tata cara penyusunan proposal, serta praktek penelitian sederhana dan menyusun laporan hasil penelitian. Pembelajaran dilakukan dengan cara ceramah, tugas kelompok, presentasi, tugas individu, tugas proyek, dan refleksi.

Capaian Mata Kuliah :
  1. Memanfaatkan sumber belajar dan media yang berbasis TIK untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran Metode Penelitian Kuantitatif.
  2. Menguasai konsep-konsep, prinsip, dan metode penelitian kuantitatif dan penggunaannya dalam kegiatan penelitian.
  3. Membuat keputusan dalam menyelesaikan persoalan-persoalan terkait dengan metode penelitian kuantitatif dalam mengkaji suatu fenomena.
  4. Bertanggungjawab terhadap kinerja pembelajaran sendiri dan kesepakatan yang dilakukan dengan teman kelompok dalam kegiatan pembelajaran metode penelitian kuantitatif
Sumber Rujukan :
  • Arikunto, Suharsimi, 2013. Prosedur Penelitian. Suatu Pendekatan Praktek. Yogyakarta: Rineka Cipta.
  • Awangga, Suryaputra N., 2007. Desain Proposal Penelitian. Yogyakarta: Pyramid Publisher.
  • Gall, D. Meredith, Joyce P. Gall, Walter R. Borg, 2003. Educational Research. An Introduction. Boston: Pearson Education Inc.
  • Gulo, W. 2012. Metodologi Penelitian. Jakarta: Grasindo.
  • Putra, Nusa, 2012. Research Development. Penelitian dan Pengembangan: Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Pers.
  • Sanjaya, Wina, 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Pradana Media Group.
  • Sukardi, 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan. Kompetensi dan Prakteknya. Jakarta: Bina Aksara.
  • Suryabrata, Sumadi, 2014. Metodologi Penelitian. Jakarta: Rajawali Pers.
  • Tuckman, Bruce W., 1978. Conducting Educational Research. New York: Harcourt Brace Jovanovich.
  • Widoyoko, Eko Putro, 2012. Teknik Menyusun Instrumen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

© 2024. Develop BY PPTIx UNESA TEAM