Mata Kuliah Penilaian Sikap (2 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :

Pengkajian dan pemahaman tentang konsep, jenis, prinsip-prinsip dan strategi penilaian sikap dan pengembangan instrumen untuk sikap dalam rangka memahami dan mengukur sikap individu terhadap sesuatu, melalui aktivitas pembelajaran kajian konsep, diskusi, dan tugas proyek.

Capaian Mata Kuliah :

1. Memanfaatkan sumber belajar dan media tentang penilaian sikap yang berbasis teknologi.

2. Menguasai konsep-konsep dan penggunaan penilaian sikap dalam kegiatan, pendidikan, penelitian, atau kegiatan pengukuran yang lain.

3. Mengembangkan instrumen penilaian sikap dengan menggunakan prinsip, standar, dan teknik penilaian yang tepat.

4. Bertanggungjawab terhadap kinerja pembelajaran sendiri dan kesepakatan yang dilakukan dengan teman kelompok dalam pencapaian hasil belajar dalam mata kuliah penilaian sikap.

Sumber Rujukan :
  1. Mueller, Daniel J. 1996. Measuring Social Attitudes. A Handbook for Researchers and Practitioners. (Mengukur Sikap Sosial. Pegangan untuk Peneliti dan Praktisi) Terjemahan oleh Eddy Soewardi Kartawidjaja.
  2. Azwar, Saifudin. Sikap Manusia. Teori dan Pengukurannya . Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  3. Puskur Depdikbud. 2013. Pengembangan Perangkat Penilaian Afektif . Jakarta: Puskur.
  4. Ziv, Anita Konzelamm, cs. 2011. Self Evaluation. Affective and Social Grounds of Intentionallity. London: Springer.
  5. D. Betsy McCoach, Robert K. Gable, dan John P. Madura. 2013. Instrument Development in the Affective Domain. School and Corporate Applications . New York: Springer.
  6. Anderson, Lorin W. Dan David R. Krathwohl. 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing. A Revision of Bloom 19s Taxonomy of Educational Objectives. New York: Longman.
  7. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. 2017. Panduan Penilaian oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan untuk Sekolah Menengah Pertama . Jakarta: Depdikbud.
  8. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. 2015. Panduan Penilaian oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan untuk Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Depdikbud.

© 2024. Develop BY PPTIx UNESA TEAM