Mata Kuliah Perencanaan Pembelajaran Inovatif (2 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :


Mengkaji berbagai konsep dasar desain sistem pembelajaran, model-model sistem pembela jaran, dan langkah-langkah-langkah pengembangan desain sistem pembelajaran serta praktik penyusunan model pengembangan desain sistem pembelajaran baik berupa Silabus mauputi RPP sebagai implementasi kurikulum berbasis kompetensi di tingkat satuan pendidikan tertentu (sekolah dan luar sekolah/diklat).

Capaian Mata Kuliah :


Mahasiswa menguasai berbagai konsep dasar desain sistem pembelajaran, prinsip dan pengembangan desain sistem pembelajaran dalam situasi pembelajaran dan pelatihan. baik di

sekolah maupun di luar sekolah (diklat).


Sumber Rujukan :
  • Abdul Majid. 2006 Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT Remja Roesdakarya.
  • Atwi Suparman. 2012. Desain Instruksional Modern: Panduan Para Pengajar & Inovator Pendidikan. Jakarta: Erlangga.
  • Carey, W Dick, and Carey, L & Carey, JO. 2009. The Systematic Design of Instruction. New Jersey: Pearson. Lamijan
  • Hadi Susarno. 2016. Desain Sistem Pembelajaran. Surabaya: CV.Bintang.
  • Masnur Muslich. 2008. KTSP: Dasar Pemahaman Dan Pengembangan Pedoman Bagi Pengelola Lembaga Pendidikan, Pengawas Sekolah, Kepala Sekolah, Komite Sekolah, Dewan Sekolah, dan Guru. Jakarta: Bumi Aksara.
  • Morrison Gary R, Ross, Steven M, Kemp, Jerrold E. 2001. Designing Efective Instruction. Third Edition. New York: John Wiley & Sons, Inc.

© 2024. Develop BY PPTIx UNESA TEAM