Mata Kuliah Teori Belajar (2 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :

Kajian tentang prinsip-prinsip dan cara siswa belajar menurut teori belajar perilaku, teori belajar sosial, teori belajar kognitif, pendekatan konstruktivis, serta pemotivasian siswa untuk belajar, dan pengaplikasiannya dalam pembelajarannya melalui analisis contoh-contoh kasus di kelas.Perkuliahan dilaksanakan dengan sistem analisis studi kasus, presentasi dan diskusi, tugas proyek, dan refleksi.

Capaian Mata Kuliah :
  1. Memanfaatkansumberbelajardan media pembelajaranberbantuan TIK untukmendukungpelaksanaan pembelajaran PPKn dengan menerapkan teori belajar tertentu.
  2. Menguasai teori-teoribelajardanmampumengaplikasikannyadalampembelajaran.
  3. Membuat keputusantentang teori belajar yang relevan untuk menyelesaikan kasus pembelajaran tertentu di kelas.
  4. Memilikisikapbertanggungjawabdenganmenerapkanpembelajaransesuaiteoribelajar yang relevan.
Sumber Rujukan :
  • B. R. Hergenhahn, Matthew H. Olson. 2008. Theories of Learning. New York: Pearson Education.
  • Bruce Joice, Marsha Weil, Emily Cahoun. 2009. Model of Teaching (Model Pengajaran). Yogjakarta: Pustaka Pelajar
  • Dahar, R. W. (1989). Teori-Teori Belajar. Bandung: Penerbit Erlangga.
  • Dale H. Schunk. 2012. Learning Theories An Educational Perspective. Sixth Edition. New York: Taylor & Francis.
  • Jack Zevin. 1992. Social Studies for The Twenty-First Century: Methods and Materials for Teaching in Middle and Scondary Schoola. New York:Longman.
  • Paul R. Pintrich, Dale H. Schunk. 2002. Motivation in Education: Theory, Research, and Aplication. 2nd Edition. New Jersey: Upper Saddle River.
  • Schunk, D. H. (2012). Learning Theories an Educational Perspective, Sixth Edition, Boston: Pearson Education. Terjemahan Eva Hamidah dan Rahmat Fajar. (2012). Teori-Teori Pembelajaran: Perspektif Pendidikan, Edisi Keenam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  • Slavin, R., E. (2006). Educational Phsycology: Theory and Practice. Boston: Allyn and Bacon. Terjemahan Marianto Samosir. (2008). Psikologi Pendidikan: Teori dan Praktik, Edisi Delapan Jilid 1. Jakarta: PT. Macanan Jaya Cemerlang.
  • Slavin, R., E. (2006). Educational Phsycology: Theory and Practice. Boston: Allyn and Bacon. Terjemahan Marianto Samosir. (2008). Psikologi Pendidikan: Teori dan Praktik, Edisi Delapan Jilid I1. Jakarta: PT. Macanan Jaya Cemerlang.
  • Winkel, W. S. 2004. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.

© 2024. Develop BY PPTIx UNESA TEAM