Mata Kuliah Evaluasi Belajar dan Pembelajaran (2 SKS)
Melakukan pengkajian dan memberikan pemahaman tentang peranan penilaian dalam proses pendidikan dan pembelajaran yang menyesuaikan dengan kurikulum yang berlaku di sekolah. Konsep dasar asesmen autentik, alternatif dan penilaian berbasis kelas termasuk workshop pengembangan instrumen penilaian. Pelaksanaan penilaian, pengolaan data hasil penilaian serta teknik dan macam-macam bentuk penilaian autentik. Pembelajaran dilakukan dengan menerapkan pendekatan konstruktivistik. Kegiatan pembelajaran diakhiri dengan latihan membuat rubrik penilaian tertentu oleh setiap mahasiswa dalam kegiatan diskusi kelompok dan refleksi
1. penilaian dengan memanfaatkan sumber belajar dan TIK.
2. Mahasiswa memiliki pengetahuan tentang teori evaluasi pembelajaran dan karakteristik siswa untuk menyusun instrumen penilaian dalam proses pembelajaran
3. Mahasiswa memiliki kemampuan untuk merancang dan memilih model evaluasi pembelajaran yang tepat sesuai dengan karakteristik siswa
4. Mahasiswa memiliki sikap bertanggung jawab dalam mengembangkan penilaian hasil belajar sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan khususnya standar penilaian.
Gronlund, N.E. 1980. Construction Achievement Test. New Jersey: Prentice Hall Inc
Daryanto. 2005. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Remaja Rosda Karya
Nitko, Anthony J. 1983. Educatioan, Test and Measurement. London. Hcourt
Sudijono, Anas. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo (Rajawali Press)
© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM