Mata Kuliah Kurikulum Sekolah (2 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :
Pengkajian konsep kurikulum dengan melakukan analisis berupa komponen, prinsip, pengembangan kurikulum, konsep dasar pendidikan sejarah, kedudukan IPS dalam kurikulum, dan kurikulum ideal bagi pendidikansejarah sma/ma/smk dan pemecahan masalah terhadap kasus-kasus yang terjadi dalam implementasi kurikulum sekolah
Capaian Mata Kuliah :
    1. Mahasiswa memiliki kemampuan menganalisis konsep pengembangan kurikulum sekolah dan evaluasi kurikulum sekolah.
    2. Mahasiswa memiliki kemampuan analisis komparatif kurikulum sejarah
    3. Mahasiswa memilikii kemampuan memecahkan masalah terhadap kasus-kasus yang terjadi pada pelaksanaan kurikulum sejarah di Sekolah
Sumber Rujukan :
  1. Blewitt, J &, Cullngford, C. 2014. The Sustainability Curriculum, Facing the Challenge in Higher Education . London: Earthscan
  2. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Jakarta. 2017. Model Silabus Mata Pelajaran Sekolah Menengah Pertama/Madrasah sanawiyah (SMP/Mts) Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) . Jakarta: Kemendikbud
  3. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Jakarta. 2017. Buku Guru Ilmu Pengetahuan Sosial . Jakarta: Kemendikbud
  4. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 21 Tahun 2016. Standar Isi Pendidikan Dasar Dan Menengah . Jakarta: Kemendikbud
  5. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016. Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah . Jakarta: Kemendikbud
  6. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2016. Standar Penilaian Pendidikan . Jakarta: Kemendikbud
  7. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 21 Tahun 2016. Standar Isi Pendidikan Dasar Dan Menengah . Jakarta: Kemendikbud
  8. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Jakarta, 2016. Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (Smp/Mts) . Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Sutmaadmadja , N, 2005. MetodologiPengajaranIPS , . Jakarta: BumiAksara


© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM