Mata Kuliah Pengembangan Bahan Ajar (2 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :

Mata kuliah pengembangan bahan ajar merupakan matakuliah yang dirancang untuk membantu mahasiswamengembangkan kemampuan dalam mengembangkanbahan ajar. Mata kuliah ini akan memberikan pengetahuandan ketrampilan tentang berbagai hal yang berkaitandengan bahan ajar. Hal-hal yang akan dibahas dalam matakuliah ini diantaranya adalah peran dan jenis bahan ajar,baik bahan cetak, noncetak, maupun bahan ajar display, prosedur pengembangannya, cara pemanfaatannyadalamproses pembelajaran, serta cara-caramengevaluasinya

Capaian Mata Kuliah :

Pada akhir perkuliahan para mahasiswa memiliki kompetensi : a. kognitif, yakni mahasiswa mengetahui, memahami dan menjelaskan pengembangan bahan ajar khusunya Prodi IPS, b. psikomotorik, yakni mampu membuat bahan ajar yang proporsional, inovatif dan bisa digunakan di sekolah c. afektif, yakni dalam penyusunan bahan ajar diharapkan tidak plagiat melainkan hasil buatan sendiri.

Sumber Rujukan :

Banathy, Bela H, (1972), Instructional technology in Higher Education,McGraw-hill, New york (Jurnal Bahasa Inggris dari perpus Universitas Negeri Malang) Gagne R, and Briggs, l.(1986). Principles of Instructional Design. New York : Holt, Rinehart and Wiston, (Jurnal Bahasa Inggris dari perpus Universitas Negeri Malang) Gronlund N.E & Linn R. (1990).Mesurement and Evaluation Teaching.New York : Macmillan publishing company. (Jurnal Bahasa Inggris dari perpus Universitas Negeri Malang) Hamalik, Oemar. (1986). Perencanaan pengajaran berdasarkan pendekatan sistem.Bandung : Martiana. Mbulu, J. 2002. Pengembangan Bahan Ajar.LTP FIP UM Malang: UM Press


© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM