Mata Kuliah Statistik (2 SKS)
Matakuliah Statistik pendidikan memberikan bekal keilmuan dan kemampuan kepada mahasiswa dalam rangka menyelesaikan tugas akhir berupa skripsi khususnya yang menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif beserta cara-caara pengumpulan data, pengolahan atau penganalisaannya dan penarikan kesimpulan berdasarkan kumpulan data dan penganalisaan yang dilakukan.
1. Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menguasai teknik statistik untuk analisis data kuantitatif dalam penelitian pendidikan yang menyatu dengan penguasaan teknologi informasi.
2. Mahasiswa memiliki kemampuan Kemampuan melakukan unjuk kerja dengan menggunakan konsep, teori, metode, bahan, dan/atau instrumen, yang diperoleh melalui pembelajaran statistika pendidikan
3. Mahasiswa memiliki kemampuan untuk memahami peranan guru terkait prinsip-prinsip belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi belajar dalam pembelajaran IPS.
4. Mahasiswa memiliki sikap bertanggung jawab dalam mengimplementasikan Mahasiswa memiliki sikap bertanggung jawab dalam mengimplementasikan transformasi potensi yang ada dalam setiap mahasiswa menjadi kompetensi atau kemampuan yang aplikatif dan bermanfaat dalam pembelajaran statistika pendidikan untuk mengembangkan IPTEKS melalui riset interdisiplin.
- Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik . Jakarta: Rineka Cipta
- Azwar, S. 2004. Metode Penelitian . Yogyakarta: Pustaka Pelajar
- Bugin. 2001. Metodologi Penelitian Sosial Format-Format Kuantitatif dan Kualitatif . Surabaya: Airlangga University Press
- Sudjana. 2001. Metode Statistika . Bandung: Tarsito
- Sunarto. 2001. Metodologi Penelitian Ilmu-ilmu Sosial dan Pendidikan . Surabaya: Unesa
- Sujianto, A.E. 2009. Aplikasi Statistik dengan SPSS 16 . 0
- Riduwan, 2009. Skala Pengukuran Variable-Variable Penelitian . Bandung: CV Alfabeta
- Riduwan dan Sunarto, 2009. Pengantar Statistika untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi dan Bisnis . Bandung: CV Alfabeta
© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM