Mata Kuliah Kewirausahaan (2 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :

Mata kuliah ini merupakan pengetahuan dan keterampilan melatihkan kemampuan berwirausaha. Pembahasan awal mempelajari konsep dasar kewirausahan, alat-alat wirausaha, karakteristik wirausaha, hakikat wirausaha, peluang usaha dalam merencanakan usaha kaitannya dengan busana. Pembahasan lebih mendalam meliputi pengertian kewirausahaan, riset pasar, bisnis plan, serta mewujudkan suatu produk yang dilengkapi merk dan kemasan. Strategi yang diterapkan pembelajaran berupa ceramah, diskusi, pemberian tugas melakukan exhibition dengan penjualan hasil produk.

Capaian Mata Kuliah :
  1. Mahasiswa memiliki pengetahuan tentang konsep dasar kewirausahaan.
  2. Mahasiswa memiliki pengetahuan dan keterampilan membuat perencanaan usaha (bisnis plan).
  3. Mahasiswa memiliki pengetahuan tentang analisis SWOT.
  4. Mahasiswa memiliki pengetahuan dan keterampilan membuat promosi produk dengan daring dan media cetak.
Sumber Rujukan :
  1. Freddy Rungkut. 2001 Bisnis Plan. Jakarta: Selemba Empat.
  2. Muhammad Jafar H. 2000. Kemitraan Usaha. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
  3. Rodney Overton. 2004. Are you An Enterpreneurer. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
  4. Suryana. 2001. Kewirausahaan. Jakarta: Gramedia Utama Pustaka.
  5. Tarsis Tarmuji. 2002. Prinsip-prinsip Wirausaha. Yogyakarta: Liberty.

© 2024. Develop BY PPTIx UNESA TEAM