Mata Kuliah Konsep Pendidikan Seni (2 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :

Kajian tentang hakekat seni, pengalaman seni, proses kegiatan seni, hasil karya seni, peranan dan fungsi seni, serta implementasinya dalam pengembangan program pembelajaran seni di sekolah, mulai jenjang PAUD, Sekolah Dasar, Sekolah lanjutan pertama dan sekolah lanjutan atas.

Capaian Mata Kuliah :


Mampu memahami lingkup sejarah perkembangan konsep pendidikan seni, fungsi seni bagi kehidupan social budaya.


Mampu menngimplementasikan konsep pendidikan seni sebagai dasar perancangan dan pelaksanaan pembelajaran seni di sekolah.


Mampu memahami relevansi seni dengan pendidikan melalui pendekatan filosofis dan psikologis, dan konsep pendidikan seni untuk sekolah.


Sumber Rujukan :

  1. A.J. Soehardjo, 2013. Pendidikan Seni Buku Satu . Malang: Pendidikan Seni Rupa dan Desain FBS-UM
  2. A.J. Soehardjo. 2014. Pendidikan Seni Buku Dua . Malang: Pendidikan Seni Rupa dan Desain FBS-UM
  3. A.J. Soehardjo. 1974. Menuju ke Pendidikan Seni . Malang: Unepres IKIP
  4. Katjik Sutjipto. 1974. Seni Sebagai Alat Pendidikan . Malang: Unepres IKIP
  5. Pranjoto Setjoatmodjo. 1980. Konsep Pendidikan Seni. Malang: Pendidikan Seni Rupa FPBS-IKIP
  6. Sofyan Salam. 2004. Masalah Pendidikan Seni . Makasar: Universitas Negeri Makasar
  7. Muhammad Jazuli. 2006. Pendidikan Seni Pertunjukan. Semarang: UNNES



© 2024. Develop BY PPTIx UNESA TEAM