Mata Kuliah Manajemen Seni (2 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :

Mata kuliah ini berisi tentang pemahaman terhadap model-model jejaring dan pengelolaan kegiatan yang bertalian dengan mekanisme kerja berbagai elemen infrastruktur dalam medan seni rupa. Membahas berbagai karakter spesifik medan seni rupa di Indonesia dan perbandingan dengan infrastruktur medan seni rupa internasional. Pembahasan melalui asas fungsionalisme (rantai produksi&ndashdistribusi&ndashkonsumsi seni rupa), meliputi perkembangan paling mutakhir kerja artistik seniman, tipologi ruang-ruang seni (museum, galeri, balai lelang), kegiatan-kegiatan seni rupa (tipologi pameran, biennale, triennale, program residensi seniman), kekuratoran, kritik seni dan media massa, penyalur seni (art dealer) dan kolektor, serta penjelasan tentang HaKI dalam seni rupa.

Capaian Mata Kuliah :
  1. Mahasiswa menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  2. Mahasiswa menghargai keanekaragaman budaya, serta pendapat atau temuan orang lain
  3. Mahasiswa menunjukkan sikap disiplin dan bertanggungjawab atas pekerjaan secara mandiri
  4. Mahasiswa memiliki sikap etis dan estetis, komunikatif, adaptif, dan apresiatif
  5. Mahasiswa dapat mendeskripsikan dasar-dasar manajemen seni
  6. Mahasiswa dapat mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat, stakeholder baik di dalam maupun di luar lembaganya
  7. Mahasiswa menguasai pengelolaan model-model jejaring dan pengelolaan kegiatan yang berkaitan dengan mekanisme kerja berbagai elemen infrastruktur dalam medan seni rupa.
Sumber Rujukan :
  • Heather Darcy Bhandari, Jonathan Melber. 2014. Art/Work: Everything You Need to Know (and Do) as You Pursue Your Art Career. Simon & Schuster.
  • Anabelle Ruston. 2005. Artist&rsquos Guide to Selling Work. A & C Black Publishers. Meg Brindle. 2011. The Arts Management Handbook: New Directions for Students and Practitioners, Routledge.
  • William James Byrnes. 2008. Management and The Arts. Focal Press.

© 2024. Develop BY PPTIx UNESA TEAM