Mata Kuliah Metodologi Penelitian (3 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah dasar tentang teori penelitian kuantitatif dan kualitatif dengan pendekatan praktis, yang dijadikan dasar konseptual dalam menyusun proposal penelitian Skripsi. Materinya terdiri dari teori atau paradigma penelitian kuantitatif dan kualitatif, karakteristik pendekatan penelitian, prosedur penelitian, dan penulisan laporan penelitian.

Capaian Mata Kuliah :
  • Mahasiswa menguasai metode penelitian seni kualitatif maupun kuantitatif.
  • Mahasiswa mampu memecahkan persoalan penelitian.
  • Mahasiswa mampu merancang proposal penelitian

Sumber Rujukan :
  • Kutha Ratna, N. 2010. Metodologi Penelitian Kajian Budaya dan Ilmu Sosial Humaniora pada Umumnya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  • Sugiono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  • Bogdan, R.C. and Biklen, S.K. 1992. Qualitative Research for Education: An Introduction to Theory and Methods. Boston: Allyn and Bacon.
  • Gall, M.D. & Gall, J.P. & Borg, W.R. 1989. Education Research: An Introduction. Boston. New York: Allyn and Bacon.
  • Creswell, J.W. 2010. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Penerjemah: Achmad Fawaid. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  • Hendriyana, H. 2009. Metodologi Kajian Artefak Budaya Fisik (Fenomena Visual Bidang Seni). Bandung: Sunan Umbu STSI Press.
  • Emzir. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif: Analisis Data. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
  • Laurie Schneider Adams. The Methodologies of Art: An Introduction, 2nd edition. Westview Press. 2009.
  • Tjetjep Rohendi Rohidi. Metodologi Penelitian Seni. Semarang: Pustaka Utama. 2011.
  • J. Gary Knowles. Handbook of the Arts in Qualitative Research: Perspectives, Methodologies, Examples, and Issues. SAGE Publications. 2007.
  • Sarah Pink. Doing Visual Etnography. SAGE Publication. 2013.




© 2024. Develop BY PPTIx UNESA TEAM