Mata Kuliah Multimedia Pembelajaran (2 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :

Matakuliah pilihan ini mengkaji tentang karya seni yang bergantung pada fungsi dan komponen teknologi perangkat komunikasi dan informasi. Eksperimen, integrasi komputer, video, audio, internet, robotic/kinetic, dan programming dalam praktik artistik. Penguasaan teknis media ditekankan untuk mendorong perumusan dan realisasi gagasan secara orisinal. Mengetengahkan tema-tema dan isu-isu utama dalam praktik seni kontemporer, didiskusikan dan dielaborasi melalui presentasi dan diskusi tentang karya-karya sejenis. Struktur proses kreatif diperkenalkan dengan melihat referensi karya-karya seniman tertentu dan kaitannya dengan perkembangan seni rupa kontemporer di Indonesia maupun internasional. Melalui kuliah ini spesifik akan membahas disiplin artistik "seni media", meliputi: Biotech Art, Digital Art, Electronic Art, Sound Art, Kinetic Art, dengan strategi teori dan praktek.

Capaian Mata Kuliah :
  • Mahasiswa mampu menciptakan karya seni media yang mengintergrasikan hasil kajian aspek lingkungan, teknis, dan nilai-nilai yang terkait
  • Mahasiswa memiliki penguasaan teknis dan eksperimentasi teknologi media dalam praktik artistik.
  • Mahasiswa menghargai keanekaragaman budaya, serta pendapat atau temuan orang lain
  • Mahasiswa menunjukkan sikap disiplin dan bertanggungjawab atas pekerjaan secara mandiri
  • Mahasiswa memiliki sikap etis dan estetis, komunikatif, adaptif, dan apresiatif
Sumber Rujukan :
  • Oliver Grau. 2010. Media Art Histories . MIT Press.
  • Mark Tribe dkk (Ed). 2006. New Media Art . Taschen.
  • Edward A. Shanken. 2009. Art and Electronic Media (Themes & Movements) . Phaidon Press.
  • Stephen Wilson. 2013. Art Science Now . Thames & Hudson.
  • Andrew Dwedney & Peter Ride. 2006. The New Media Handbook . London: Routledge.
  • Ade Darmawan...(et. al). 2006. Apresiasi Seni Media Baru . Jakarta: Direktorat Kesenian, Dirjend Nilai Budaya, Seni dan Film, Departemen Kebudayaan dan Pariwisata.






© 2024. Develop BY PPTIx UNESA TEAM