Mata Kuliah Multimedia Pembelajaran (2 SKS)
Matakuliah pilihan ini mengkaji tentang karya seni yang bergantung pada fungsi dan komponen teknologi perangkat komunikasi dan informasi. Eksperimen, integrasi komputer, video, audio, internet, robotic/kinetic, dan programming dalam praktik artistik. Penguasaan teknis media ditekankan untuk mendorong perumusan dan realisasi gagasan secara orisinal. Mengetengahkan tema-tema dan isu-isu utama dalam praktik seni kontemporer, didiskusikan dan dielaborasi melalui presentasi dan diskusi tentang karya-karya sejenis. Struktur proses kreatif diperkenalkan dengan melihat referensi karya-karya seniman tertentu dan kaitannya dengan perkembangan seni rupa kontemporer di Indonesia maupun internasional. Melalui kuliah ini spesifik akan membahas disiplin artistik "seni media", meliputi: Biotech Art, Digital Art, Electronic Art, Sound Art, Kinetic Art, dengan strategi teori dan praktek.
- Mahasiswa mampu menciptakan karya seni media yang mengintergrasikan hasil kajian aspek lingkungan, teknis, dan nilai-nilai yang terkait
- Mahasiswa memiliki penguasaan teknis dan eksperimentasi teknologi media dalam praktik artistik.
- Mahasiswa menghargai keanekaragaman budaya, serta pendapat atau temuan orang lain
- Mahasiswa menunjukkan sikap disiplin dan bertanggungjawab atas pekerjaan secara mandiri
- Mahasiswa memiliki sikap etis dan estetis, komunikatif, adaptif, dan apresiatif
- Oliver Grau. 2010. Media Art Histories . MIT Press.
- Mark Tribe dkk (Ed). 2006. New Media Art . Taschen.
- Edward A. Shanken. 2009. Art and Electronic Media (Themes & Movements) . Phaidon Press.
- Stephen Wilson. 2013. Art Science Now . Thames & Hudson.
- Andrew Dwedney & Peter Ride. 2006. The New Media Handbook . London: Routledge.
- Ade Darmawan...(et. al). 2006. Apresiasi Seni Media Baru . Jakarta: Direktorat Kesenian, Dirjend Nilai Budaya, Seni dan Film, Departemen Kebudayaan dan Pariwisata.
© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM