Mata Kuliah Pendalaman Seni Kriya (Keramik) (4 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :

Mata kuliah ini berisi tentang pemahaman dan praktik berkarya keramik yang sesuai dengan karakteristik dan ciri-ciri pribadi. Pembuatan keramik dengan bereksplorasi terhadap berbagai kemungkinan yg diperoleh dari pengolahan tema, konsep, bahan, pendekorasian, pembakaran, dll, untuk menghasilkan berbagai kemungkinan keramik kreatif, dengan strategi praktek penciptaan karya kriya keramik dan diakhiri dengan pameran bersama.

Capaian Mata Kuliah :
  1. Mahasiswa menginternalisasi dan menjalankan nilai, norma, dan etika akademik
  2. &bull Mahasiswa menghargai keanekaragaman budaya, serta pendapat atau temuan/karya orang lain
  3. &bull Mahasiswa menunjukkan sikap disiplin dan bertanggungjawab atas pekerjaan secara mandiri
  4. &bull Mahasiswa memiliki sikap etis dan estetis, komunikatif, adaptif, dan apresiatif
  5. &bull Mahasiswa menguasai penggunaan bahan dan alat pembuatan keramik bakaran tinggi (porselain, stoneware)
  6. &bull Mahasiswa menguasai teknik pembuatan keramik yang menampakkankarakteristik ciri pribadi
  7. &bull Mahasiswa mampu mengolah bahan keramik yang sesuai dengan karakteristik dan ciri pribadinya
  8. &bull Mahasiswa mampu membuat kriya keramik sesuai dengan karakteristik dan memiliki ciri khas atau pribadi.
Sumber Rujukan :
  • Alexander, Brian. (2006), Kamus Keramik, Milenia Populer, Yogyakarta
  • Arif, Muchlis. (2002), SeniKeramik, Unesa University Press, Surabaya
  • Astuti, Ambar. (2008), Keramik - Ilmudan Proses Pembuatannya, JurusanKriya FSR ISI Yogyakarta &Arindo Nusa Media, Yogyakarta
  • Clark, Kenneth. (1996), The Potters Manual,A Little Book , London
  • Ostermann, Mathias. (2002), The Ceramic Surface, University of Pennsylvania Press, Philadelphia
  • Ponimin. (2010), Desain dan Teknik Berkarya Kriya Keramik, Lubuk Agung, Bnadung.
  • Raharjo, Timbul. (2001), Teko Dalam Perspektif Seni Keramik, Tonil Press, Yogyakarta.
  • Setiabudhi, Natas. (2011), Belajar Sendiri Membuat Keramik, Bejana, Bandung

© 2024. Develop BY PPTIx UNESA TEAM