Mata Kuliah Pendidikan Seni Inklusi (2 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :
Mata kuliah ini memberikan pengetahuan, pemahaman, dan kajian kasus yang dipelajari baik secara teroretik maupun praktik. Cakupannya meliputi dasar-dasar dan karakteristik anak berkebutuhan khusus dan kelas inklusi, sudut pandang pendidikan seni bagi anak berkebutuhan khusus dan kelas inklusi, teori-teori yang melandasi pendidikan seni inklusi, kajian kasus pendidikan anak berkebutuhan khusus dan kelas inklusi, pengembangan kapasitas pendidikan seni kolaboratif bagi anak berkebutuhan khusus dan kelas inklusi, pengembangan potensi terapetik seni bagi pendidikan anak berkebutuhan khusus dan kelas inklusi. Lebih lanjut, mata kuliah ini turut mengajak untuk melakukan eksplorasi pembelajaran seni interdisiplin dan eco-education untuk pendidikan seni anak berkebutuhan khusus dan kelas inklusi.
Capaian Mata Kuliah :
  • Mahasiswa menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam berperilaku selama proses pembelajaran.
  • Mahasiswa menunjukkan sikap disiplin dan bertanggungjawab atas pekerjaan yang dilakukan secara mandiri maupun berkelompok.
  • Mahasiswa menghargai keanekaragaman budaya, serta pendapat atau temuan orang lain
  • Mahasiswa memiliki sikap etis dan estetis, komunikatif, adaptif, dan apresiatif
  • Mahasiswa dapat memanfaatkan kepekaan dan penguasaan interdisiplin untuk mendukung kegiatan pembelajaran.
  • Mahasiswa mampu memanfaatkan hakekat dan peranan pendidikan seni sebagai dasar pembelajaran anak berkebutuhan khusus dan kelas inklusi.
  • Mahasiswa mampu mengimplementasikan konsep pendidikan seni sebagai dasar perancangan dan pelaksanaan pembelajaran anak berkebutuhan khusus dan kelas inklusi.
Sumber Rujukan :
  1. Joseph P. Huston. 2015. Art, Aesthetics, and the Brain. Oxford University Press.
  2. Mihaly Csikszentmihalyi. 1990. Flow: The Psychology of Optimal Experience. Harper Collins.
  3. Lev Semenovich Vygotsky. 1974. The Psychology of Art . MIT Press.
  4. Al Hurwitz. 2011. Children and Their Art: Art Education for Elementary and Middle Schools. Cengage Learning.
  5. Shelly Meyers. 2019. The Art of Inclusive Education: Best Practices for All Learners. Cognella Academic Publishing.
  6. Alice Fox. 2015. Inclusive Arts Practice and Research: A Critical Manifesto. Routledge.
  7. Helen Goren Safton. 2012. Making Art Special: A Curriculum for Special Education Art. CreateSpace Independent Publishing Platform

@font-face {font-family:"Cambria Math"; panose-1:2 4 5 3 5 4 6 3 2 4; mso-font-charset:0; mso-generic-font-family:roman; mso-font-pitch:variable; mso-font-signature:3 0 0 0 1 0;}@font-face {font-family:Calibri; panose-1:2 15 5 2 2 2 4 3 2 4; mso-font-charset:0; mso-generic-font-family:swiss; mso-font-pitch:variable; mso-font-signature:-469750017 -1073732485 9 0 511 0;}p.MsoNormal, li.MsoNormal, div.MsoNormal {mso-style-unhide:no; mso-style-qformat:yes; mso-style-parent:""; margin:0cm; mso-pagination:widow-orphan; font-size:12.0pt; font-family:"Calibri",sans-serif; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-fareast-font-family:Calibri; mso-fareast-theme-font:minor-latin; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin; mso-bidi-font-family:"Times New Roman"; mso-bidi-theme-font:minor-bidi;}.MsoChpDefault {mso-style-type:export-only; mso-default-props:yes; font-family:"Calibri",sans-serif; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-fareast-font-family:Calibri; mso-fareast-theme-font:minor-latin; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin; mso-bidi-font-family:"Times New Roman"; mso-bidi-theme-font:minor-bidi;}div.WordSection1 {page:WordSectio


© 2024. Develop BY PPTIx UNESA TEAM