Mata Kuliah Keterampilan Mengajar dan Pembelajaran Mikro (2 SKS)
Deskripsi Mata Kuliah :
- Pengertian dan Langkah-Langkah Tentang Observasi dan Pembelajaran
- Mikro, Keterampilan Bertanya, Keterampilan Memberikan Penguatan, Keterampilan Melakukan Variasi, Keterampilan
- Menjelaskan, Keterampilan Membuka dan Menutup, Keterampilan Membimbing Diskusi Kelompok Kecil, Keterampilan
- Mengelola Kelas, Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil dan Perseorangan
Capaian Mata Kuliah :
- Mahasiswa memiliki keterampilan memimpin diskusi kecil
- Mahasiswa memahami Teori keterampilan dasar melakukan variasi dan keterampilan menjelaskan
- Mahasiswa memahami Teori keterampilan dasar membuka dan menutup serta keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil
- Mahasiswa memahami secara rinci Teori keterampilan dasar mengelola kelas dan keterampilan mengajar kelompok kecil dan perseorangan
- Mahasiswa Mendemonstrasikan keterampilan dasar bertanya
- Mahasiswa Mendemonstrasikan keterampilan dasar memberikan penguatan
- Mahasiswa Mendemonstrasikan keterampilan dasar menjelaskan
- Mahasiswa memahami penerapan aspek-aspek dalam proses pembelajaran
- Mahasiswa keterampilan dasar membimbing diskusi kelompok kecil
- Mahasiswa mampu mempraktekkan Rancangan Proses Pembelajaran
- Mahasiswa memahami penerapan aspek-aspek dalam proses pembelajaran
- Mahasiswa keterampilan dasar membimbing diskusi kelompok kecil
- Mahasiswa mampu mempraktekkan Rancangan Proses Pembelajaran
- Mahasiswa mampu menganalisis Rancangan Proses Pembelajaran
- Mahasiswa mampu menyusun Rancangan Proses Pembelajaran
Sumber Rujukan :
- Abimanyu. 1984. Keterampilan Membuka dan Menutup Pelajaran . Jakarta
- Hasibuan, JJ Ibrahim. 1988. Proses Belajar Mengajar Keterampilan Dasar Mikro . Bandung: Remaja Karya
- Dimyati, dkk. 1994. Belajar dan Pembelajaran . Jakarta: Dirjen Dikti.
- Wardani IGAK. 1985. Keterampilan Membimbing Kelompok Kecil . Jakarta: P2LPTK Ditjen Dikti
- Rafli Kosasi. 1985. Keterampilan Menjelaskan . Ditjen Dikti. Depdikbud
- Sugeng Pranoto dkk. 1980. Micro Teaching . Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
- Sanjaya, Wina. 2009. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup
- Suparman, Atwi. 2001. Desain Instruksional . Jakarta: Pusat Antar Universitas untuk Peningkatan.
- Usman, User. 2001. Menjadi Guru dalam Proses belajar Mengajar . Bandung: Rosdakarya
- Wijaya, Cece. 1991. Kemampuan Guru dalam Proses Belajar mengajar . Bandung: Rosdakarya
© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM