Mata Kuliah Metodologi Penelitian (3 SKS)
Deskripsi Mata Kuliah :
Pengkajian konsep, pemahaman dan penerapan berbagai metode penelitian dalam bidang pendidikan dan non-pendidikan tata busana. Prosedur penelitian meliputi mendefinisikan masalah, menelaah literatur, mengembangkan kerangka pemikiran, memformulasikan hipotesa, menyusun instrument, jenis dan rancangan penelitian, populasi dan sampel, mengumpulkan dan menganalisis data, menyusun simpulan, abstrak, laporan dan artikel penelitian. Overview desain riset kuantitatif, kualitatif, Research & Development, rekayasa dan Penelitian Tindakan Kelas serta artikel publikasi. Pendekatan pembelajaran mengacu student centered learning berbasis Higher Order Thinking meliputi diskusi, observasi, pemecahan masalah dan praktik pembuatan proposal penelitian.
Pengkajian konsep, pemahaman dan penerapan berbagai metode penelitian dalam bidang pendidikan dan non-pendidikan tata busana. Prosedur penelitian meliputi mendefinisikan masalah, menelaah literatur, mengembangkan kerangka pemikiran, memformulasikan hipotesa, menyusun instrument, jenis dan rancangan penelitian, populasi dan sampel, mengumpulkan dan menganalisis data, menyusun simpulan, abstrak, laporan dan artikel penelitian. Overview desain riset kuantitatif, kualitatif, Research & Development, rekayasa dan Penelitian Tindakan Kelas serta artikel publikasi. Pendekatan pembelajaran mengacu student centered learning berbasis Higher Order Thinking meliputi diskusi, observasi, pemecahan masalah dan praktik pembuatan proposal penelitian.
Capaian Mata Kuliah :
1. Mahasiswa memiliki pemahaman tentang konsep metode penelitian beserta langkah-langkah penelitian ilmiah 2. Mahasiswa mampu menerapkan konsep metode penelitian beserta langkah-langkah penelitian ilmiah dalam konteks Bidang Pendidikan dan non pendidikan Tata Busana 3. Mahasiswa memiliki keterampilan membuat proposal penelitian sesuai standar penilaian dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar 4. Mahasiswa memiliki sikap disiplin, jujur, dan bertanggungjawab dalam menyusun dan melakukan evaluasi rancangan proposal penelitian bidang pendidikan Tata Busana
1. Mahasiswa memiliki pemahaman tentang konsep metode penelitian beserta langkah-langkah penelitian ilmiah 2. Mahasiswa mampu menerapkan konsep metode penelitian beserta langkah-langkah penelitian ilmiah dalam konteks Bidang Pendidikan dan non pendidikan Tata Busana 3. Mahasiswa memiliki keterampilan membuat proposal penelitian sesuai standar penilaian dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar 4. Mahasiswa memiliki sikap disiplin, jujur, dan bertanggungjawab dalam menyusun dan melakukan evaluasi rancangan proposal penelitian bidang pendidikan Tata Busana
Sumber Rujukan :
Isaac, S & Michael, W.B. (1981). Handbook In Research and Evaluation , Second Edition. California: EDITS publisher. Gall, M.D; Gall, J.P & Borg, W.R. (2003). Educational Research: An Introduction . Seventh edition. Boston: Pearson Education Inc. Wiersma, W & Jurs, S.G. (1995). Research Methods In Education, Sixth edition. Boston: Allyn & Bacon. Balnaves, M & Caputi, P. (2001). Quantitative: Introduction to Quantitative Research Methods . London: SAGE Publication Ltd. Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan: Kuantitatif, Kualitatif dan R&D . Bandung: Alfabeta. Wiriaatmadja, R. (2005). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya. Suharsimi Arikunto. 2015. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek). Jakarta: Rineka Cipta. 4. Sujana. 1995. Desain dan Analisis Eksperimen . Bandung: Tarsito.
Isaac, S & Michael, W.B. (1981). Handbook In Research and Evaluation , Second Edition. California: EDITS publisher. Gall, M.D; Gall, J.P & Borg, W.R. (2003). Educational Research: An Introduction . Seventh edition. Boston: Pearson Education Inc. Wiersma, W & Jurs, S.G. (1995). Research Methods In Education, Sixth edition. Boston: Allyn & Bacon. Balnaves, M & Caputi, P. (2001). Quantitative: Introduction to Quantitative Research Methods . London: SAGE Publication Ltd. Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan: Kuantitatif, Kualitatif dan R&D . Bandung: Alfabeta. Wiriaatmadja, R. (2005). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya. Suharsimi Arikunto. 2015. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek). Jakarta: Rineka Cipta. 4. Sujana. 1995. Desain dan Analisis Eksperimen . Bandung: Tarsito.
© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM