Mata Kuliah Pemasaran Fesyen* (2 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :

Matakuliah ini berisi pengkajian dan pemahaman tentang konsep pemasaran fesyen/ fashion marketing, fashion market dan marketing environtment, marketing mix, marketing research, fashion distribution, fashion marketing communication, advertising, label and packaging. Pembelajaran dilakukan dengan menerapkan pendekatan konstruktivistik. Kegiatan pembelajaran diakhiri dengan membuat Perencanaan Pemasaran Fesyen (Fashion Marketing Planning/Business Plan) dan mempresentasikannya.

Capaian Mata Kuliah :
  1. Mahasiswa memiliki kemampuan untuk membuat Perencanaan Pemasaran Fesyen (Fashion Marketing Planning/ Business Plan) dengan memanfaatkan sumber belajar dan TIK.
  2. Mahasiswa memiliki pengetahuan tentang konsep fashion marketing , marketing mix dan strategi pemasaran dalam merencanakan suatu produk fashion.
  3. Mahasiswa memiki kemampuan untuk merancang produk fashion dan memilih strategi pemasaran yang tepat sesuai dengan karakteristik produk.
  4. Mahasiswa memiliki karakter iman, cerdas, mandiri, jujur, peduli, tanggungjawab dan tangguh dalam kegiatan pembelajaran dan dalam mengerjakan tugas baik secara individu maupun kelompok sesuai standart penilaian yang ditetapkan.
Sumber Rujukan :
  1. Bendoni, Wendy K, 2017, Social Media For Fashion Marketing: Storytelling in a Digital World, New York: Bloomsbury Publishing Plc.
  2. Bickle, Marianne C, 2011, Fashion Marketing Theory, Principles & Practice , New York: Fairchild Books.
  3. Bon, Caroline Le, 2015, Fashion Marketing Influencing Consumer Choice and Loyalty with fashion Products, New York: Business Expert Press, LLC.
  4. Easey, Mike, 2009, Fashion Marketing –Third Edition , UK: Wiley-Blackwell A John Wiley & Sons Ltd. Publication.
  5. Greenwood, Gaynor Lea, 2013, Fashion Marketing Communications, United Kingdom: John Wiley & Sons Ltd.
  6. Harris, Clare, 2020, The Fundamental of Digital Fashion Marketing, New York: Bloomsbury Publishing Plc.
  7. Mitterfellner, Olga, 2019, Fashion Marketing and Communication, Theory and Practice Across the Fashion Industry, London: Routledge Taylor & Francis Group.
  8. Posner, Harriet, 2011, Marketing Fashion , London: Laurence King Publishing Ltd.

© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM