Mata Kuliah Pengelolaan LAB Bidang Studi (2 SKS)
Deskripsi Mata Kuliah :
Mengkaji dan memberikan pemahaman tentang perananlaboratorium dalam proses pendidikan dan pembelajaran yang sesuai dengan kurikulumyang berlaku di sekolah yang meliputi: 1) rasional pengelolaan laboratorium,akuntabilitas program pendidikan, tema kurikulum SMK, pendekatan keterampilanproses, praktek dan praktikum; 2) sumber belajar dan laboratorium/lab-work; 3)merencanakan laboratorium bidang studi yang meliputi: analisis kebutuhan ruang,analisis kebutuhan peralatan, desain ruang laboratorium; 4) administrasilaboratorium dan keselamatan kerja di laboratorium. Pembelajaran dilakukandengan menerapkan pendekatan konstruktivistik. Kegiatan pembelajaran diakiridengan melakukan observasi laboratorium bidang studi SMK dan membuat desainlaboratorium dalam kegiatan diskusi kelompok dan refleksi.
Mengkaji dan memberikan pemahaman tentang perananlaboratorium dalam proses pendidikan dan pembelajaran yang sesuai dengan kurikulumyang berlaku di sekolah yang meliputi: 1) rasional pengelolaan laboratorium,akuntabilitas program pendidikan, tema kurikulum SMK, pendekatan keterampilanproses, praktek dan praktikum; 2) sumber belajar dan laboratorium/lab-work; 3)merencanakan laboratorium bidang studi yang meliputi: analisis kebutuhan ruang,analisis kebutuhan peralatan, desain ruang laboratorium; 4) administrasilaboratorium dan keselamatan kerja di laboratorium. Pembelajaran dilakukandengan menerapkan pendekatan konstruktivistik. Kegiatan pembelajaran diakiridengan melakukan observasi laboratorium bidang studi SMK dan membuat desainlaboratorium dalam kegiatan diskusi kelompok dan refleksi.
Capaian Mata Kuliah :
- Mahasiswa memiliki pengetahuan dan pemahamantentang peranan laboratorium dalam proses pendidikan dan pembelajaran yangmenyesuaikan dengan kurikulum SMK yang berlaku di sekolah.
- Mahasiswa memiliki pengetahuan tentang konseppengelolaan laboratorium dan komponen laboratorium bidang studi sebagai dasardalam membuat desain laboratorium bidang studi SMK.
- Mahasiswa memiliki kemampuan untuk melakukanperencanaan laboratorium SMK yang berorientasi pada kurikulum SMK dengan memanfaatkansumber belajar dan TIK.
- Mahasiswa memiliki kemampuan untuk membuatmendisain laboratorium bidang studi SMK sesuai dengan Standar NasionalPendidikan khususnya standar pelayanan minimal.
- Mahasiswa memiliki sikap bertanggung jawab dalammebuat perencanaan dan desain laboratorium bidang studi SMK sesuai denganStandar Nasional Pendidikan khususnya pelayanan minimal.
Sumber Rujukan :
- Akhir, Bustanul. .Praktek dan Praktikum SMK.
- Brown, Robert D. 1979. Industrial EducationFacilities, a Handbook for organization and management. Boston Massachusetts:Allyn and Bacon Inc.
- Hadiyat. 1984. Pedoman Pengelolaan LaboratoriumIPA. Jakarta: CV. Sinar Pengetahuan.
- Pauther, Albert J. 1971. Teaching Shop andLaboratorium Subjects. Culombus Charles E Merril Publishing.
- Sutarno, Maryono. .Dasar-dasar PengelolaanLaboratorium.
© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM