Mata Kuliah Perencanaan Pembelajaran (3 SKS)
Deskripsi Mata Kuliah :
Penguasaan konsep perencanaan pembelajaran serta penerapannya dalam proses pembelajaran bidang tata busana, meliputi Konsep dasar perencanaan pembelajaran, Pembelajaran dalam Pendekatan sistem, pengembangan sistem dan desain instruksional, silabus, Identifikasi Kompetensi Dasar dan tujuan pembelajaran, Pemilihan materi ajar, Penentuan strategi pembelajaran, Pengembangan media pembelajaran, Pengembangan instrumen penilaian pembelajaran, dan penyusunan RPP bidang kealian tata busana. Pembelajaran dirancang dengan pendekatan Project-based Learning. Penilaian proses dan produk dilaksanakan melalui portfolio assessment, tes tulis dan kinerja.
Penguasaan konsep perencanaan pembelajaran serta penerapannya dalam proses pembelajaran bidang tata busana, meliputi Konsep dasar perencanaan pembelajaran, Pembelajaran dalam Pendekatan sistem, pengembangan sistem dan desain instruksional, silabus, Identifikasi Kompetensi Dasar dan tujuan pembelajaran, Pemilihan materi ajar, Penentuan strategi pembelajaran, Pengembangan media pembelajaran, Pengembangan instrumen penilaian pembelajaran, dan penyusunan RPP bidang kealian tata busana. Pembelajaran dirancang dengan pendekatan Project-based Learning. Penilaian proses dan produk dilaksanakan melalui portfolio assessment, tes tulis dan kinerja.
Capaian Mata Kuliah :
- Mahasiswa memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang konsep konsep: perencanaan pembelajaran, pengembangan instruksional, model pengembangan desain instruksional berdasarkan teori belajar, pengembangan silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Modul dan LKS dalam konteks pembelajaran bidang tata busana
- Mahasiswa memiliki kemampuan mengimplementasikan teori perencanaan pembelajaran, pengembangan instruksional, model pengembangan desain instruksional berdasarkan teori belajar, pengembangan silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, media, evaluasi dan materi pembelajaran dalam bentuk RPP bidang keahlian tata busana
- Mahasiswa memiliki sikap bertanggungjawab dalam menggunakan pengetahuan perencanaan pembelajaran, pengembangan silabus ke dalam RPP, pengembangan penilaian pembelajaran, media dan modul pembelajaran bidang keahlian tata busana
Sumber Rujukan :
Madjid, Abdul. (2013). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya
Amri, Sofyan. (2013). Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustaka
Arends, R.I. ((2012).Learning to teach. New York: Mc-GrawHill.
Ibrahim, I & Syaodih, N. ( 2010). Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Suparman, M.Atwi. (2012). Desain Instruksional Modern. Jakarta: Erlangga
TIM. (2016). Keterampilan Dasar Mengajar. Surabaya: Jurusan PKK Unesa
Mulyasa (2007). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM