Mata Kuliah Statistika (2 SKS)
Melakukan pengkajian dan memberikan pemahaman tentang peranan statistika melalui pembelajaran yang disesuaikan struktur kurikulum bidang tata busana. Pembelajaran statistika terdiri atas: statistika deskriptif seperti: pengerian statistika, peranan statistika, penyajian data, ukuran pemusatan, simpangan, model populasi. Populasi, sampel, dan teknik sampiling, uji homogenitas data, dan statistik infrensial seperti: pengujian hipotesis, uji perbedaan, uji korelasi, dan uji pengaruh. Pelaksanaan penilaian dilakukan selama proses pembelajaran dengan partisipasi pada saat tatap muka, USS, dan UAS. Pembelajaran dilakukan dengan menerapkan gabungan pendekatan saintifik, model pembelajaran kooperatif, dan klasikal. Kegiatan pembelajaran diakhiri dengan presentasi makalah tentang aplikasi statistika di bidang tata busana.
- Mahasiswa memiliki kemampuan untuk melakukan analisis masalah dalam pembelajaran statistika
- Mahasiswa memiliki pengetahuan tentang konsep dasar statistika dan mengaplikasi konsep dalam proses pembelajaran
- Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menganalisis masalah sehari-hari diselesaikan dengan konsep statistika terkait
- Mahasiswa memiliki sikap bertanggung jawab dalam mengembangkan aplikasi dan konsep statistika.
- Sudjana. 2010. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito
- Sugiyono, Eri Wibowo. 2004. Statistika untuk Penelitian dan Aplikasinya dengan SPSS. Bandung: Alfabeta
- Sugiyono. 2013. Statistika untuk Penelitian. Alfabeta: Bandung
- Rosner, Bernard. 1986. Fundamental of Biostatistics, second edition.Massachusetts: PWS Publishers
© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM