Mata Kuliah Asesmen dan Proses Hasil Belajar (3 SKS)
Deskripsi Mata Kuliah :
Pengkajian dan pemahaman tentang peranan penilaian dalam pendidikan dan pembelajaran. berbagai macam penilaian sesuai kurikulum yang berlaku, penyusunan berbagai tipe soal yang baik beserta rubrik penilaiannya. Konsep dasar asesmen autentik, alternatif dan penilaian berbasis kelas dan kurikulum yang berlaku termasuk juga workshop pengembangan instrumen penilaian. beserta analisis butir soal baik secara manual menggunakan program excel serta penggunaan software butir soal. Acuan penilaian dan ketuntasan belaja, disajikan secara teoritis. workshop serta praktek/empiris. Perkuliahan dilaksanakan dengan sistem analisis studi kasus, presentasi dan diskusi, dan refleksi. Produk akhir dari perkuliahan ini adalah portofolio tugas asesmen dan proses hasil belajar.
Pengkajian dan pemahaman tentang peranan penilaian dalam pendidikan dan pembelajaran. berbagai macam penilaian sesuai kurikulum yang berlaku, penyusunan berbagai tipe soal yang baik beserta rubrik penilaiannya. Konsep dasar asesmen autentik, alternatif dan penilaian berbasis kelas dan kurikulum yang berlaku termasuk juga workshop pengembangan instrumen penilaian. beserta analisis butir soal baik secara manual menggunakan program excel serta penggunaan software butir soal. Acuan penilaian dan ketuntasan belaja, disajikan secara teoritis. workshop serta praktek/empiris. Perkuliahan dilaksanakan dengan sistem analisis studi kasus, presentasi dan diskusi, dan refleksi. Produk akhir dari perkuliahan ini adalah portofolio tugas asesmen dan proses hasil belajar.
Capaian Mata Kuliah :
- Menganalisis hasilbelajar siswa dengan memanfaatkan TIK.
- Menguasai konsep,prinsip, dan prosedur assesmen dalam pembelajaran tata niaga yang berorientasipada standar penilaian.
- Merencanakan danmenyelesaikan permasalahan asessmen dalam pembelajaran tata jiaga denganmenggunakan metode dan standar penilaian.
- Bertanggungjawabatas pencapaian hasil pembelajaran asessmen dalam pembelajaran tatan niaga dankinerja maupun kelompok
Sumber Rujukan :
- Dr. Abdul Ghofur, dkk,Pola Induk Pengembangan SistemPenilaian, 2003.
- Dr. Suharsimi Arikunto,Dasar 13 Dasar Evaluasi Pendidikan, 1991.
- Dr. Suke Silverius,Evaluasi Hasil Belajar dan Umpan Balik, 1991.
- Drs. Slameto,Evaluasi Pendidikan, 1988.
- PusatKurikulum Balitbang Depdiknas,Kurikulum Berbasis Kompetensi, 2002.
- Dr. Oemar Hamalik,Teknik Pengukuran Dan Evaluasi Pendidikan,1989.
© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM