Mata Kuliah Manajemen Pariwisata (2 SKS)
Deskripsi Mata Kuliah :
pengkajian dan penerapan konsep dn teori manajemen pariwisata muli dari merancang sampai melaksanakan sebuah paket wisata yang meliputi: konsep dasar wista, keunikan industri wisata, wisatawan, usaha jasa wisat, usaha daya tarik wisata, perencanaan perjalanan wisata, industri pariwisata, penghitungan paket wisata dan komunikasi di dunia pariwisata.
Capaian Mata Kuliah :
- Mampu memanfaatkan TIK untuk menelusuri informasi. argumentasi. dan telaah kritis yang berkenaan dengan manajemen pariwisata serta mampu menerapkan berbagai konsep ilmu ekonomi mikro dan makro dalam mengalisis fenomena kepariwisataan baik nasional maupun internasional. serta peranannya dalam pembangunan ekonomi Memahami gambaran dan menguraikan pariwisata sebagai mata rantai kegiatan usaha. Memahami dan menguraikan deskrpsi Matakuliah bisnis pariwisata.
- Memahami sistem kepariwisataan dan mengklasifikasikan kepariwisataan. Memahami kontribusi pariwisata terhadap suatu perekonomian. Memahami dan menguraikan sifat-sifat dan variabel-variabel permintaan pariwisata. Memahami dan menguraikan karakteristik daerah tujuan wisata dan unsur-unsur penawaran dalam bisnis pariwisata.
- Memahami dan menguraikan produk-produk pariwisata. memahami dan menguraikan perencanaan dan strategi pemasaran pariwisata. Memahami dan menguraikan strategi bersaing dalam pariwisata serta organisasi pariwisata regional. Memahami dan menguraikan prinsip-prinsip investasi dalam pariwisata serta studi feasibility dan model-model investasi. Memahami dan menguraikan sumber-sumber pendanaan. Memahami dan menguraikan peran langsung pariwisata dalam membuka peluang kerja. Memahami dan menguraikan system informasi pariwisata dan pemasaran. Memahami dan menguraikan secara empirik kasus-kasus dalam bisnis pariwisata.
- Bertanggung jawab atas kerja individu dan kerja kelompok
Sumber Rujukan :
- Anggrianto, Ronny. 2012. Bisnis Tour and travel. Jakarta: Kompas Gramedia
- Leiper, Neil. 2014. Tourism Management. Australia: National Library of Australia
- Levy-Hillerich, Dorothea. 2005. Kommunikation im Tourismus. Berlin:Cornelsen
- Spillane, James. 2012. Manajemen Profesional Biro erjelanan Wisata. Malang:Dioma
© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM