Mata Kuliah Manajemen Retail (3 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :
Mengkaji dan menerapkan konsep manajemen retail, kemampuan menentukan startegi bisnis retaill, merancang tata ruang toko, menerapkan tata cara prosedural dalam ritel modern. Perkuliahan dilaksanakan dengan sistem analisis studi kasus. presentasi, diskusi, praktek, dan refleksi
Capaian Mata Kuliah :
  1. Memanfaatkan sumber belajar dan TIK untuk mendukung pencapaian kompetensi mahasiswa terkait dengan informasi. argumentasi. dan telaah kritis yang berkenaan dengan manajemen retail
  2. Menjelaskan klasifikasi bisnis ritel, kesempatan pasar, promosi dalam bisnis ritel, manajemen sdm ritel, manajemen keuangan ritel manajemen pelayanan, bauran komunkasi dalam ritel, dan rancangan tata ruang dalam bisnis ritel.
  3. Mampu merancang strategi retail mix, perancangan tata ruang toko, desain toko, dan tata cara prosedural dalam retail modern
  4. Memiliki sikap bertanggungjawab, obyektif, dan partisipatif dalam proses pembelajaran manajemen retail
Sumber Rujukan :
  1. Michael Levy dan Barton A. Weitz. 2012.Retailing Management (5th edition). McGraw – Hill Irwin
  2. Christina Widya Utami. 2010.Manajemen Ritel ( strategi implementasi ritel modern). Jakarta : Salemba Emppat.
  3. Asep ST Sujana. 2012. Paradigma Baru Manajemen Ritel Modern Pendekatan Category Management & Supply Management Chain Management
  4. Sugiarta. I Nyoman. 2011. Panduan Prakktis & Strategis Retail Consumer Goods. Jakarta Selatan: Expose
  5. Sopiah & Syihabuddin. 2008. Manajemen Bisnis Ritel. Yogyakarta: Andi

© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM