Mata Kuliah Metodologi Penelitian (3 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :

Pembahasan tentang metode ilmiah untuk memecahkan masalah dalam bidang pendidikan, memperkenalkan dasar-dasar penelitian ilmiah (scientific approach) yang menjadi landasan dilakukannya analisis yang berhubungan dengan penerapan ilmu tata niaga. Matakuliah ini membahas tentang pendekatan kualitatif maupun kuantitif serta kendala-kendala yang membatasinya dalam konteks penelitian social di masyarakat, organisasi serta jenjang perusahaan korporat. Matakuliah ini menekankan pada aspek perencanaan riset, pembentukan model permasalahan, pengumpulan data relevan, pengolahan data terkumpul, pengujian hipotesa, hingga ke pembentukan kesimpulan ilmiah yang menjadi tujuan dari riset itu pada mulanya. Perkuliahan dilaksanakan dengan sistem analisis studi kasus, presentasi dan diskusi serta refleksi

  • Course Description

The discussion on scientific methods to solve problems in the field of education, introduces the basics of scientific research (scientific approach) which is the basis for conducting analyzes related to the application of the science of commerce. This course discusses qualitative and quantitative approaches and the constraints that limit them in the context of social research in society, organization and corporate level. This course emphasizes aspects of research planning, problem model formation, collection of relevant data, processing of collected data, testing of hypotheses, to the formation of scientific conclusions which were the objectives of the research in the first place. Lectures are carried out using a case study analysis system, presentation and discussion as well as reflection

Capaian Mata Kuliah :
  • Mampu menjelaskan proses penelitian secara benar, mulai dari menggali masalah sampai menemukan masalah, masalah penelitian yang berasal dari suatu fenomena.
  • mampu mengaji konsep yang sesuai dengan topik penelitian, desain penelitian dan mengumpulkan data dengan cara yang benar.
  • Mampu menyusun suatu rancangan (proposal) penelitian atau karaya ilmiah yang layak dan berkualitas sesuai dengan bidang pendidikan Tata Niaga
  • Mampu mengomunikasikan ide atau gagasan alternatif rancangan pemasaran jasa yang kreatif dengan memanfaatkan teknologi.
  • Mampu bertanggungjawab dalam pembelajaran dan tugas baik secara mandiri maupun kelompok serta berupaya untuk selalu komunikatif, apresiatif dan partisipatif

Learning Outcomes

  • Able to explain the research process correctly, starting from exploring problems to finding problems, research problems originating from a phenomenon.
  • able to examine concepts that are in accordance with the research topic, research design and collect data in the right way.
  • Able to compile a research design (proposal) that is appropriate and of good quality in accordance with the field of Commerce Education
  • Able to communicate ideas or alternative ideas for creative service marketing designs by utilizing technology.
  • Able to be responsible for learning and assignments both independently and in groups and strive to always be communicative, appreciative and participatory
Sumber Rujukan :
  • Ary, Donald; Jacob, Lucy Cheser; Razavieh, Asghar. 1985. Introduction to Reseach in Education. Third Edition . New York: Holt
  • Prof. Dr. Sukardi. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara
  • Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi 2010) . Bandung: Rineka Cipta
  • Creswell, J.W. 2014. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches 4th edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall
  • Nazir M. 2011. Metode Penelitian . Jakarta: Grasindo
  • Sukmadinata. 2005. Metoda Penelitian Pendidikan . Bandung: Rosda

© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM