Mata Kuliah Praktek Kewirausahaan (2 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :

Matakuliah iniberisi tentang konsep dan menerapkan bisnis plan yang telah dibuat denganmengacu pada konsep Strategi Memulai Usaha, Salesmanship, Pengukuran KinerjaBisnis, dan Rencana Bisnis. Metode pembelajaran yang digunakan dalam matakuliah praktik kewirausahaan adalah diskusi, penugasan, pembelajaran langsung, simulasi, pemeblajarankooperatif, group investigation, belajar bekerja terpadu (Co-op), dan praktikkewirausahaan.

  • Course Description


This course contains the concept and implementation of a business plan that has been made by referring to the concepts of Business Start-Up Strategy, Salesmanship, Business Performance Measurement, and Business Plans. The learning methods used in the entrepreneurship practice course are discussion, assignment, direct learning, simulation, cooperative learning, group investigation, integrated learning to work (Co-op), and entrepreneurship practice.

Capaian Mata Kuliah :
  • Memanfaatkan sumber belajar dan TIK untuk mendukung pencapaian kompetensi mahasiswa terkait dengan kemampuan melakukan rintisan bisnis.
  • Menguasai ketrampilan dalam mempersiapkan asfek asfek dalam memulai, menjalankan, dan mengembangkan usaha
  • Mampu mengelola rintisan usaha, yaitu menjalankan usaha, mengendalikan usaha, pencatatan administrasi usaha, pengukuran kinerja usaha usaha, pengembangan usaha, dan laporan akhir pengelolaan usaha.
  • Memiliki sikap bertanggung jawab dalam menjalankan usaha bisnis.

Learning Outcomes

  • Utilizing learning resources and ICT to support the achievement of student competencies related to the ability to start a business.
  • Mastering skills in preparing aspects of starting, running, and developing a business
  • Able to manage business startups, namely running a business, controlling business, recording business administration, measuring business performance, business development, and final report on business management.
  • Have a responsible attitude in running a business.
Sumber Rujukan :
  • Tim Kewirausahaan Unesa. 2016. Kewirausahaan. UNIPRESS. Surabaya
  • Tim Kewirausahaan FE Unesa 2015. Kewirausahaan. UNIPRESS. Surabaya
  • Kaplan, Robert S. 2010. Conceptual Foundation of The Balance Scorecard. Working Paper. Harvard Business School. Harvard University :10-0744.
  • David, Fred R. 2011. Manajemen Strategik: Konsep. Jakarta: Salemba Empat
  • Robinson& Pearce. 2008. Manajemen Strategik Edisi 10 Jakarta : Salemba Empat
  • Cravens, David W. & Nigel F. Pearcy. 2006. Strategic Marketing, 8 th edition. McGraw-Hill.

© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM