Mata Kuliah Salesmanship (2 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :

Matakuliah ini membahas tentang pengetahuan mengenal produk dan strategipemasarannya, mengenal dan berhubungan baik dengan pelanggan dan mampumembentuk jejaring dengan dunia bisnis, layanan prima dan purna jual. Perkuliahandilaksanakan melalui diskusi,observasi, study kasus,presentasi, dan refleksi

  • Course Description

This course discusses knowledge about products and their marketing strategies, knowing and having good relations with customers and being able to form networks with the business world, excellent service and after-sales. Lectures are carried out through discussions, observations, case studies, presentations, and reflections

Capaian Mata Kuliah :
  • Memanfaatkan sumber belajar dan TIK untuk mendukungpemcapaian kompetensi mahasiswa terkait dengan kemampuan melakukan salesmanship
  • Memiliki pengetahuan dan wawasan tentang salesmanship
  • Mampu mengidentifikasi tentang produk, pelanggan, danjejaring dunia bisnis
  • Memiliki ketrampilan komunikasi dan strategi untukmelakukan salesmanship
  • Mempunyai pengalaman membangun relasi dengan dunia bisnisdan pelanggan
  • Memiliki sikap bertanggung jawab, kreatif, dan inovatifdalam menangani produk dan pelanggan

Learning Outcomes

  • Utilizing learning resources and ICT to support the achievement of student competencies related to the ability to do salesmanship
  • Have knowledge and insight about salesmanship
  • Able to identify about products, customers, and business world networks
  • Have communication skills and strategies to do salesmanship
  • Have experience building relationships with the business world and customers
  • Have a responsible, creative, and innovative attitude in handling products and customers
Sumber Rujukan :
  • Selling To Day ( Membangun kemitraan yangberkualitas), Gerald L. Manning & Barry L Reece, Indeks
  • ClusterStrategy (Strategi Memaksimalkan Sales Promotion tanpa diketahui pesaing),Gramedia
  • SeniMenjual ( Ide-ide penjualan, PersfektifBisnis,Strategi Pemasaran), Ali Arifin< Penerbit Andi.
  • Skill withPeople , Les Giblin, Gramedia
  • Salesoperation, Mark Plus Institute of Marketing ( MIM academy ) Esensi 2010.
  • David Cowper & Andrew haynes 2000. Mega Selling Erlangga, Jakarta.
  • SotarBaduara, 2006, Salesmanship, Bumi Aksara, Jakarta.
  • HermawanKertajaya. 2014. Wow Selling. Jakarta:Gramedia Pustaka Utama

© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM