Mata Kuliah Strategi Pemasaran (3 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :
Matakuliah Strategi Pemasaran membelajarkan konsep dan teori-teori pemasaran yang dapat diaplikasikan organisasi dalam usaha menemukan, menciptakan, dan mengskploitasinya dalam rangka memperoleh keunggulan dalam persaingan. Melalui matakuliah strategi pemasaran mahasiswa diharapkan memahami proses analisis situasipasar, mengevaluasi segmen, target, dan positioning merek, analisis pemilihan dan evaluasi strategi pemasaran berdasarkan daur hidup hidup, posisipersaingan, serta evaluasi atas kinerja pemasaran. Pendekatan pembelajaran yangdipilih adalah terpusat pada mahasiswa, artinya proses pembelajaran mendorong mahasiswa untuk aktif dalam proses pencarian sumber belajar dalam mengkonstruksi pengetahuan. Metode pembelajaran dilakukan dengan analisis kasus, presentasi, diskusi, penugasan observasi, dan refleksi.
Capaian Mata Kuliah :
  1. Mahasiswa mampu menilai dengan tepat komponen-komponen Strategi Pemasaran.
  2. Mahasiswa mampu merumuskan Strategi Pemasaran dengan tepat.
  3. Mahasiswa mampu menunjukkan karakter Iman, cerdas, mandiri, jujur, peduli dan tangguh di dalam kegiatan pembelajaran Strategi Pemasaran.
Sumber Rujukan :
  • Cravens, David W. and NigelF. Piercy. 2009. Strategic Marketing, Ninth Edition,International Edition. McGraw-Hill, Boston New York.
  • Walker, Orville C. , Jr. , John W. Mulins, Harper W. Boyd, Jr. , and Jean-Claude Larreche. 2008. Marketing Strategy , ADecision-Focused Approach Seventh Edition. Irwin McGraw-Hill Boston.
  • Jain, Subash C.2001. Marketing Planning and Strategy 6th Edition

  • Day, George S. 1999. MarketDriven Strategy .The Free Press New York.
  • Fandy Tjiptono, Gregorius Chandra, Dadi Adriana. 2008. Pemasaran Strategik. CV Andi Offset (PenerbitAndi)

© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM