Mata Kuliah Evaluasi Belajar dan Pembelajaran (2 SKS)
Deskripsi Mata Kuliah :
Pemahamandan pengkajian berbagai prinsip dasar, prosedur pengukuran dan penilaian hasilbelajar bidang studi, perencanaan penyusunan pelaksanaan bermacam-macam jenistes, prinsip validitas dan reliabilitas, penganalisaan dan penafsiran hasiltes, perbaikan rumusan aspek kognitif, afektif, dan psikomotor, mengukur aspekpsikomotor ketrampilan.
Capaian Mata Kuliah :
- Mahasiswamemiliki kemampuan untuk melakukan perencanaan evaluasi dalam pembelajaran pendidikan teknik mesinyang beroroentasi pada standar penilaian
- Mahasiswamemiliki pengetahuan tentang teori evaluasi pembelajaran dan karakteristiksiswa untuk menyusun instrumen penilaian.
- Mahasiswa memiliki kemampuan untuk merancang dan memilih modelevaluasi pembelajaran yang tepat sesuai dengan karakteristik siswa.
- Mahasiswa memiliki sikap bertanggung jawab dalam mengembangkanpenilaian hasil belajar sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan khususnyastandar penilaian.
Sumber Rujukan :
Ari Kunto, Suharsimi. 1986. Dasar-DasarEvaluasi Pendidikan . Jakarta: Bina Aksara.
Tuckman, BW. 1976. MeasuringEducational Outcomes . New York: Harcarl B. Javanorics.Kardi,
Suparman. 1994. BagaimanaMengembangkan Tes Hasil Belajar . Surabaya: Unipress Ikip Surabaya.
© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM