Mata Kuliah Evaluasi Belajar dan Pembelajaran (2 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :

Pemahamandan pengkajian berbagai prinsip dasar, prosedur pengukuran dan penilaian hasilbelajar bidang studi, perencanaan penyusunan pelaksanaan bermacam-macam jenistes, prinsip validitas dan reliabilitas, penganalisaan dan penafsiran hasiltes, perbaikan rumusan aspek kognitif, afektif, dan psikomotor, mengukur aspekpsikomotor ketrampilan.

Capaian Mata Kuliah :
  • Mahasiswamemiliki kemampuan untuk melakukan perencanaan evaluasi dalam pembelajaran pendidikan teknik mesinyang beroroentasi pada standar penilaian
  • Mahasiswamemiliki pengetahuan tentang teori evaluasi pembelajaran dan karakteristiksiswa untuk menyusun instrumen penilaian.
  • Mahasiswa memiliki kemampuan untuk merancang dan memilih modelevaluasi pembelajaran yang tepat sesuai dengan karakteristik siswa.
  • Mahasiswa memiliki sikap bertanggung jawab dalam mengembangkanpenilaian hasil belajar sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan khususnyastandar penilaian.
Sumber Rujukan :


Ari Kunto, Suharsimi. 1986. Dasar-DasarEvaluasi Pendidikan . Jakarta: Bina Aksara.

Tuckman, BW. 1976. MeasuringEducational Outcomes . New York: Harcarl B. Javanorics.Kardi,

Suparman. 1994. BagaimanaMengembangkan Tes Hasil Belajar . Surabaya: Unipress Ikip Surabaya.




© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM