Mata Kuliah Praktek Teknologi Chasis (2 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :
Mata kuliah ini bertujuan mengembangkan kemampuan mahasiswa melalui konsep pemeriksaan, analisis dan perbaikan sistem pemindah tenaga dan pengendali kendaraan. Sistem pemindah tenaga yang dimaksud meliputi: mekanisme kopling, sistem transmisi baik manual maupun otomatis, poros propeler, dan differensial. Sedangkan yang terkait dengan sistem pengendali pada mata kuliah ini meliputi: sistem kemudi, sistem suspendi dan sistem rem dan roda
Capaian Mata Kuliah :
  1. Menguasai prinsip kerja sistem pemindah daya (kopling, transmisi, poros propoler,deferensial) dan pengendali kendaraan (roda, rem, kemudi, suspensi)
  2. Melakukan perawatan, perbaikan, dan pembongkaran komponen-komponen sistem pemindah daya (kopling, transmisi, poros propoler,deferensial) dan pengendali kendaraan (roda, rem, kemudi, suspensi)
  3. Mendiagnosis hasil pengukuran dan pemeriksaan komponen-komponen sistem pemindah daya (kopling, transmisi, poros propoler,deferensial) dan pengendali kendaraan (roda, rem, kemudi, suspensi)
  4. Membuat laporan hasil kegiatan praktek teknlogi chasis
  5. Kemampuan menggunakan alat dan bahan yang aman, penerapan K3 dalam kegiatan praktik teknologi chasis
Sumber Rujukan :
  • A. Aris. 2009. Panduan Praktikum Chasis.
  • PT. Indomobil. 1998. Pedoman Reparasi Chasis dan Sistem Pemindah Tenaga. Jakarta: PT. Indomobil
  • PT. Toyota Astra Mobil. 1981. Pedoman Reparasi Chasis . Jakarta: PT. Toyota Astra Motor
  • VEDC, 2009. Geometri roda. Malang: VEDC Malang
  • VEDC, 2009. Sistem Pemindah Tenaga. Malang: VEDC Malang

© 2024. Develop BY PPTIx UNESA TEAM