Mata Kuliah Teknologi Chasis (2 SKS)
Mata kuliah ini bertujuan mengembangkan pengetahuan tentang teknologi chasis, prinsip kerja sistem pemindah tenaga dan pengendali kendaraan . Sistem pemindah tenaga meliputi: mekanisme kopling, sistem transmisi, poros propoler, dan diferensial. Sedangkan sistem pengendali meliputi: sistem kemudi, sistem suspensi, sistem rem dan roda. Disamping itu mata kuliah ini juga memperkenalkan konsep teknologi chassis kendaran modern meliputi: konsep pengereman cerdas, konsep pengendalian torsi cerdas, konsep suspensi cerdas, konsep teknologi kendaraan arah kendaraan, dan smart chassis.
- Mahasiswa memiliki moral, etika dan kepribadian yang baik di dalam mengikuti perkuliahan.
- Mahasiswa mampu menguraikan tentang jenis-jenis teknologi chassis
- Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip kerja pemindah tenaga yaitu mekanisme kopling, sistem transmisi, poros propoler, dan diferensial.
- Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip mekanisme kerja sistem pengendali kendaraan yaitu sistem kemudi, sistem suspensi, sistem rem dan roda
- Mahasiswa mampu menguasai konsep teknogi chassis kendaraan modern yaitu pengereman cerdas, pengendalian torsi cerdas, suspensi cerdas, teknologi kendaraan arah kendaraan, dan smart chassis
Anwir, B.S. 1980.Seri Pelajaran Teknologi Secara BergambarTeknik Mobil. Jakarta: Barata Karya Aksara.
Toyota.1985.Dasar-Dasar Automobil. Jakarta:Astra Motor Service edition.
© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM