Mata Kuliah Teknologi Motor Pembakaran Dalam (2 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :
  • Pemahaman teori-teori komponen motor pembakaran dalam meliputi: motor bakar, sistem bahan bakar, sistem pelumasan, sistem pendinginan, sistem pembuangan, sistem mekanik katup, perhitungan dasar motor, bahan bakar, dan teori dasar motor bensin/diesel.
Capaian Mata Kuliah :
  • Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  • Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural.
  • Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
  • Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi.
Sumber Rujukan :
  1. Obert, Edward F. 1973. Internal Combustion Engine and Air Pollution. Third Edition
  2. Heywood, John B. 1988. Internal Combustion Engine Fundamentals. New York: McGraw-Hill, Inc
  3. Heisler, Heinz. 1995. Advanced Engine Technology. London: Edward Arnold
  4. Crouse, William H. & Anglin, Donald L. 1997. Automotive Mechanics. Ninth Edition
  5. Robert Bosch Gmbh. 1988. Automotive Electric/Electronic System. Jerman: Stuttgart
  6. Robert Bosch Gmbh. 1999. Gasoline Engine Management. Jerman: Stuttgart
  7. Arismunandar, Wiranto. 2002. Penggerak Mula: Motor Bakar Torak. Edisi Kelima
  8. Sutantra, I Nyoman. 2001. Teknologi Otomotif Teori dan Aplikasinya. Surabaya: Guna Widya
  9. Petrovsky,N. 1968.Manne Internal Combustion Engine.Moscow: MIR Publisher.
  10. ObbertEdward F.Internal Combustion Engines andAir Polution. New York: Harper & Row.
  11. Warju. 2009. Pengujian Performa Mesin Kendaraan Bermotor. Surabaya: Unesa University Press.
  12. Warju. 2013. Teknologi Reduksi Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor. Surabaya: Unesa University Press.

© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM