Mata Kuliah Metodologi Penelitian (3 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :

Matakuliah ini membahas teori dan praktik penelitian kuantitatif, langkah-langkah penelitian ilmiah mulai dari identifikasi/perumusan masalah, kajian teoretis dan empiris, penentuan variabel, disain dan metode, teknik pengumpulan data, analisis dan penarikan simpulan, dari berbagai jenis penelitian berdata kuantitatif yang berkaitan dengan PTK. Penelitian ini juga mempelajari penelitian kualitatif. Pembelajaran dilakukan dengan ceramah, tanya jawab, mengkaji buku, diskusi, refleksi, asistensi, dan pendekatan inkuiri untuk menyelesaikan tugas perorangan secara parsial/terstruktur.

Capaian Mata Kuliah :

1) Mampu memahami aturan atau cara cara mengembangkan instrumen untuk hasil belajar maupun penelitian pendidikan teknologi dan kejuruan (PTK).

2) Mampu mengembangkan instrumen untuk mengukur hasil belajar atau penelitian PTK .

3) Mampu mengelola, memimpin dan mengembangkan instrumen pembelajaran atau penelitian PTK

4) Mampu bersikap jujur, obyektif, teliti, dan bertanggung jawab dalam mengembangkan instrumen pembelajaran atau penelitian PTK

Sumber Rujukan :

1) Franekel, Jack R., 2009, How to Design and Evaluate Research in Education. New York: McGraw-Hill

2) Kerlinger, Fred.N., 2004, Foundation of Behavioral Research. New York: Holt, Rinehart and Winston, Inc.

3) Tuckman B., 1988, Conducting Education Research, New York: Hartcourt Brace Javanovich Publisher.

4) Krathwohl,David R, 2006, Methodes of Educationaland Social Sciense Research. New York: Addison Wesley Longman, Inc.

5) Moleong, 1994, Penelitian Naturalistik, Jakarta

6) _____.2014.Pedoman Penulisan Skripsi. Surabaya. Tim Penyusunan Buku Pedoman Penulisan Skripsi Program Sarjana Strata Satu (S-1) Universitas Negeeri Surabaya.

7) Dll.


© 2024. Develop BY PPTIx UNESA TEAM