Mata Kuliah Riset Produk Kuliner (2 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :
Matakuliah ini membelajarkan kepada mahasiswa mengenai aspek metodologis dari keseluruah proses penelitian atau riset ilmiah di bidang produk kuliner yang bermuara pada terciptanya artikel ilmiah. Selain itu, mahasiswa secara khusus mendapatkan pemaparan yang disertai pembimbingan secara teknis mengenai sejumlah alat analisis yang nantinya akan digunakan untuk melakukan pengolahan data penelitian di bidang riset produk kuliner
Capaian Mata Kuliah :

Keterampilan Umum:

1. Memiliki pengetahuan yang luas di bidang pengetahuan umum, sosial dan humaniora

2. Mampu berkomunikasi dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dengan baik secara lisan dan tulisan

Keterampilan Khusus:

1. Mampu merancang dan merencanakan riset produk kuliner.

2. Mampu menentukan metode riset produk kuliner.

3. Mampu menjelaskan pentingnya riset produk kuliner.

4. Mampu menjelaskan manfaat riset produk kuliner.

5. Mampu melakukan riset produk kuliner sesuai dengan langkah kegiatan riset.

Kemampuan Pengetahuan:

1. Memiliki pengetahuan yang komprehensif sehingga dapat menyelesaikan permasalahan kompleks yang khas di program S2 Pendidikan teknologi kejuruan dan mengikuti kaidah penulisan ilmiah

2. Mampu melakukan analisis pada penelitian dan pengembangan program S2 Pendidikan teknologi kejuruan dengan mengikuti kaidah penulisan ilmiah

3. Mampu mendesain rangkaian, perangkat, dan produk pada program S2 Pendidikan teknologi kejuruan

Kemampuan Sikap:

1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religious

2. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan


Sumber Rujukan :

  1. Beckley, Jacqueline H. and Leslie J. Herzog. 2017. Accelerating New Food Product Design and Development . 2nd Edition. English: Wiley-Blackwell.
  2. Buchari Alma , 2000 . Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. Penerbit Alfabet,. Bandung
  3. Fuller, Gordon W. 2011. New Food Product Development: From Concept to Marketplace , Third Edition. English: CRC Taylor & Francis Group
  4. IFT Basic Symposium. 2002. Food Product Development Based on Experience . Iowa State Press (15-07-2002)
  5. Kotler , Philip. 2000 . Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium. Jakarta: Prehallindo
  6. Marcus Vinicius Pereira and Trabasso, Luis Gonzaga. 2017. The Lean Product Design and Development Journey: A Practical View Pessôa . English: Springer
  7. Moskowitz, Howard R.; Beckley, Jacqueline H.; and Resurreccion, Anna V. A. 2012. Sensory and Consumer Research in Food Product Design and Development . English: Wiley-Blackwell
  8. Pope, Rob. 2005. C reativity: Theory, History, Practic e. New York: Routledge Taylor & Francis Group
  9. Reisner, Michele. 2009. Packaging Research in Food Product Design and Development . English: Willey-Blackwell
  10. Saladin, Djaslim. 2002. Intisari Pemasaran dan Unsur-unsur Pemasaran. Cetakan kedua. Bandung: Linda Karya.


© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM